HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS XI MIPA SMAN 10 LUWU

Haslindah Alimuddin(1), Bunga Dara Amin(2*), Kaharuddin Kaharuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i2.31182

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar pada tingkatan C1 (pengetahuan), C2 (pemahaman), C3 (aplikasi), dan C4 (analisis) peserta didik dalam pembelajaran fisika secara daring di Kelas XI MIPA SMAN 10 Luwu pada tahun ajaran 2021/2022. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Luwu tahun ajaran 2021/2022 sedangkan sampelnya adalah 134 peserta didik yang dipilih secara acak. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar pada materi fluida statis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran daring. Motivasi belajar dan hasil belajar fisika pada penelitian ini berada pada kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Arafah, Kaharuddin., Azhariah Nur B. Arafah., & Burhanuddin Arafah. 2020. Self-concept and self-efficacy’s role in achievement motivation and physics learning outcomes. Revista de Ciencias Humanas y Sociales : Universidad del Zulia. ISSN 1012-1587/ ISSNe: 2477-9385

Hapsari., Sri. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mafudiansyah., Salamang Salmiah Sari., dan Muhammad Arsyad. 2020. Analisis Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). Makassar: Universitas Negeri Makassar. 16(1).

Mundilarto. 2002. Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Nurhafidah., dan Monika Herliyanti. 2021. Pengaruh Pembelajaran Fisika Online Tehadap Sikap Belajar Siswa. Gravity Edu, Jurnal Pembelajaran, dan Pengajaran Fisika. Jakarta: FMIPA Universitas Indraprasta PGRI. 4 (1).

Nurmaliza, Farradilla nabilla & Sisca. 2020. Korelasi Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran,14(2),174-180.

Sari, Nurmalita., Widha Sunarno., dan Sarwonto. 2018. Analisis Morivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Surakarta: PPs Universitas Sebelas Maret.

Siregar., Syofian. 2014. Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta : Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharman., SA., Pariabti P., & Eko Hadi Sujiono. Penerapan Pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Pangkajene. Makassar : Jurusan Fisika. 7 (2).

Syah, Muhibbin . 2001 . Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 252 times | PDF view : 118 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License