PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA PADA SMP NEGERI 4 BAREBBO
(1) SMP Negeri 4 Barebbo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v12i2.2169
Abstract
Keywords: animation, problem based learning tool, solar system
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi animasi pembelajaran sistem tata surya pada mata pelajaran IPA di Kelas IX C SMP Negeri 4 Barebbo, (2) mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media animasi dapat mengefektifkan pembelajaran sistem tata surya pada mata pelajaran IPA di Kelas IX C SMP Negeri 4 Barebbo, (3) mengetahui tingkat validitas dan realibilitas perangkat pembelajaran sistem tata surya berbasis masalah pada mata pelajaran IPA Kelas IX C SMP Negeri 4 Barebbo, (4) mengetahui hasil belajar sistem tata surya berbasis masalah dengan menggunakan media animasi dapat meningkatkan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IX C SMP Negeri 4 Barebbo. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dengan menggunakan media animasi tata surya. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan penggunaan media animasi tata surya yang dikembangkan pada materi sistem Tata Surya dapat dikatakan telah memenuhi kriteria kelayakan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media animasi ini dapat dijadikan sarana untuk membangun konstruksi pengetahuan siswa.
Kata Kunci: animasi, perangkat pembelajaran berbasis masalah, sistem tata surya
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayah, Nurul., 2011, Peningkatan Aktivitas, Minat dan hasil belajar Fisika peserta didik melalui metode pembelajaran Penemuan terbimbing SMA Negeri 6 Makassar. Tesis Tidak diterbitkan. Makassar. PPs UNM
Kunanadar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan cet. 1. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nur, 1998. Teori-Teori Perkembangan. Surabaya. IKIP Surabaya
Nur, M & Wikandari, P. R. 2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA.
Rahayu, Yuni Sri. 2009. Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Ratumanan. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Riduwan. 2008. Metode dan Teknis Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Rochmawati, Eli. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk SMA Kelas X Pada Materi Fungi. Jurnal Unesa Surabaya.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siddiq, Djauhar M. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas.
Slavin, R.E. 1994. Educational Psychology. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Sudajana. I.W. 2002. Pengaruh Jenis Pendekatan Pembelajaran dan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Perolehan Belajar IPS pada Siswa Kelas VI SD 17 Dauh Puri Denpasar. Tesis Tidak Diterbitkan, Malang: PPS UM.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.
Sugiyono, 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sultan Dhiqfaini, Ana. 2011, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Tesis Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Suparmin., Ririn Safitri., Pera Tri Hastuti. 2011. IPA Terpadu KTSP untuk SMP & MTs Kelas IX, Surakarta: Mediatama.
Suryosubroto, B. 1996. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Theresia, Maria. 2004. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA pada Pembelajaran Konsep Cahaya di SLTPN 21 Surabaya. Tesis Tidak diterbitkan. PPs UNESA
Tiro, M. A.2010. Analisis Korelasi dan Regresi. Makassar: Andira Publisher.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.
Trianto. 2010a, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Trianto. 2010b. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana
Valentine, 2004. Implementasi Perangkat Pembelajaran sains SLTP Materi Pokok Cahaya Berorientasi Metode Penemuan Terbimbing. Tesis Tidak diterbitkan. Surabaya. PPs UNESA
Zamroni dan Mahfuz. 2009. Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thinking. Jakarta : Kencana
Article Metrics
Abstract view : 1024 times | PDF view : 246 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License