STUDI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA DI SMA

Ratnasari Ratnasari(1*), Abdul Haris(2), Aisyah Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.19063

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian study library yang bertujuan untuk megetahui gambaran kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada peserta didik di SMA berdasarkan hasil-hasil penelitian dengan menggunakan jurnal/artikel berupa review untuk melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik berupa kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Metode penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan mencari data megenai hal-hal yang berupa jurnal/artkel, buku dan sebagainya. Hasil analisis review menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika dari berbagai jurnal/artikel fisika di SMA masih dalam kategori rendah dari tahun ke tahun. Dimana indikator menganalisis (C4) menunjukkan berada dalam kategori sedang, begitupun untuk indikator mengevaluasi (C5) menunjukkan berada dalam kategori sedang, dan untuk indikator mencipta (C6) menunjukkan berada dalam kategori rendah atau secara kumulatif peserta didik belum memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi.

This research is qualitative study library consistent with its objective-study category that aims to paint a picture of higher order thinking skill physical thuoght capacity on high school student based on research result using a review journal/article to stimulate learner’s hihgh level of thought ablity to analyze (C4), evaluate (C5), and create (C6). This research method uses documenting with technical content analysis by looking data on items that are journals/articles, books and so forth. Review analysis suggests idea that higher order thinking skill of physics from high school journal/ articles is still in the low category year after year. Where the analyzing (C4) indicator indicates moderate category, neither for evaluation (C5) indicator indicates moderate categori, and for the creative (C6) indicator indicates low in category or cumulatively the leaner does not have the higher order thinking skill


Full Text:

PDF

References


Adi, N. P., Suparno, Mudilarto, Istiyono, E., Alpin Y, R., Zaini, M., & Qosim M.J.A, S. (2017). Physics Comprehensive and Contextual Teaching Materia; (PhysCCTM) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Agustina, M., & Lesmono, A. D. (2019). Analisis Penguasaan Konsep-Konsep Teori Kinetik Gas Menggunakan Taksonomi Bloom Berbasis Hots Pada Siswa Kelas Xi Ipa Di Man Jember. Jurnal Ilmiah muti science, 7.

Akmala, N. F., Suana, W., & Sesunan, F. (2019a). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67–72. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472

Akmala, N. F., Suana, W., & Sesunan, F. (2019b). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67–72. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472

Ariansyah. (2019). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTS Fisika Materi Getaran Harmonis di SMA Kristen Immanuel Pontianak. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianaka.

Datoh, M. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Pada Konsep Fisika Materi Suhu Dan Kalor Dengan Menggunakan Taksonomi Bloom. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4 No. 1(1), 4.

Hidayah, N., Silitonga, H. T. M., & Mahmuda, D. (2018). Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Getaran Harmonis Untuk SMA. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. PT Rineka Cipta.

Ikhsan, A., Auliya, A., & Walid, A. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Ujian Nasional HOTS Mata Pelajaran Fisika SMA 10 Kota Bengkulu. 8.

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Pysthots) Peserta Didik Sma. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120

Jufri, M. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Ekspositori Dengan Pemberian Kuis Siswa Kelas XI IPA, SMAN 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Nalar Pendidikan, Vol. 4, No. 1.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058

Kusdianti, I., Sitompul, S. S., & Mahmuda, D. (2019). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Hots Kelas Xi Sman 2 Sungai Raya. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianaka, 11.

Kusuma, M. D., Rosidin, U., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 7.

Malik, A., Rosidin, U., & Ertikanto, C. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Hots Fisika Sma Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing. 3(1), 15.

Poluakan, C., Tilaar, A. F., & Mathematics Departement, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Manado State University, Indonesia. (2018). They Categorized Lower Order Thinking Skills but They Answer Incorrectly: How is the Opposite? ICEAP Proceeding Book Vol 2, 10–17. https://doi.org/10.26499/iceap.v2i1.89

Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (Hots) Pada Kelas X Di Sma Negeri Kota Yogyakarta. 6, 9.

Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 209. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2070

Qurrotu A’yunina. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Un Fisika Sma Pada Materi Medan Magnet Siswa Kelas Xii Di Sma Muhammadiyah 3 Jember. INTAJ : Jurnal Penelitian Ilmiah, 3(2), 1–25. https://doi.org/10.35897/intaj.v3i2.206

Ramadhan, G., Dwijananti, P., & Wahyuni, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Mnggunakan Instrumen Two Tier Multiple Choice Materi Konsep dan Fenomena Kuantum Siswa SMA di Kabupaten Cilacap. Unnes Physics Education Journal.

Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students: A Regression Analysis. 4, 13.

Sutiadi, A., & Kurniawati, R. (2015). Analisis Butir Soal Ujian Nasional SMA Bidang FisikaTahun 2014 Menggunakan Taxonomy of introductory Physics Problem. Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Widowati, A. (2010a). Pembelajaran Sains HOT dengan Menerapkan Inqury Laborotory. Jurdik Pendidikan Biololgi FMIPA UNY.


Article Metrics

Abstract view : 871 times | PDF view : 326 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License