PENERAPAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 7 BONE

Isna Pujianti(1*), Herman Herman(2), Kaharuddin Kaharuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i3.16465

Abstract


Penerapan Model Argument Driven Inquiry dalam Pembelajaran Fisika terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains fisika  peserta didik. Model argument driven inquiry sebagai variabel bebas dan variabel terikat adalah keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Bone. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan uji N-Gain. Berdasarkan analisis statistik, skor rata-rata untuk pretest 35 siswa adalah 3,6 dan skor rata-rata untuk post test 35 siswa adalah 8,3. Kemudian hasil analisis dengan uji N-Gain diperoleh peningkatan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika peserta didik dengan indikator mengklasifikasi, menafsirkan, menerapkan konsep, dan mengomunikasikan sebesar 0,8 dalam kategori tinggi. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran argument driven inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik

Full Text:

PDF

References


Hasnunidah, N. (2015). Pembelajaran biologi dengan strategi argumen driven inquiry dan keterampilan argumentasi peserta didi. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP, 8-9.

Indrawati. (1999). Keterampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dari Teori ke praktis. Bandung: Dirjen Pendidikan dasar dan menengah.

Kadayifcia H, A. B. (2012). The correlation between the flaws students define in argument and their creative and critical thinking abilities. Procedia social and behaviour science gazi university faculty of education, 802.

Meltzer, D. (2002). The Relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics. posisible "hidden variable" in diagnostic pretest scores. American journal of physics, 70.

Moedjiono, D. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka.

Nurmayani J Said, A. P. (2017). Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Polewali. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 255-262.

Riduwan, M. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sampson. (2014). Argument driven inquiry in biology. United States of America: NSTA Press.

Semiawan, C. (1986). Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Jakarta: PT.Gramedia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Yuli Andriani, R. (2014). Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Argumen Driven Inquiry Pada Pembelajaran IPA Terpadu di SMP kelas VII. Jurnal Edusains UIN Jakarta Syarif Hidayatullah, 1.


Article Metrics

Abstract view : 249 times | PDF view : 103 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License