PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR

Marzuki Marzuki(1*), Aisyah Azis(2), Salamang Salmia Sari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15278

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk menerapkan metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 3 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan dimensi metode problem solving dan konvensional, sedangkan variable terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 3 Makassar kecuali peserta didik di kelas unggulan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang kemudian sampel yang dipilih adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 38 orang dan kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 7,24 dan 5,19 dengan standar deviasinya masing-masing sebesar 1,84 dan 1,99. Hasil analisis inferensial bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik antara yang diajar dengan metode problem solving dengan yang diajar secara konvensional pada taraf signifikansi0,05

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2012). Implementasi Strategi Probing Prompting dan Time Token dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Mojogedang Tahun Ajaran 2011/2012. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayuningsih. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA Handayani Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Fajar, M. F. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Tanya Jawab Probing Prompting terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Elektronika Kelas X AV Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 03, 89-96.

Hamiyah, N. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah No. 59 Tahun 2014. Jakarta: Permendikbud.

Rahmah, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X Di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatiae, Volume 4 Edisi 1.

Syofyan, H. (2016). Penerapan Metode Problem Solving pada Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. Unisbank Semarang, 966-976.

Tawil, M. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Yustina, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 6 No. 2, 108-117.


Article Metrics

Abstract view : 475 times | PDF view : 176 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License