PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR HIPOTETIKAL DEDUKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PINRANG

Fadilah Dwi Octaviani(1), Abdul Haris Bakri(2*), Ahmad Yani(3),

(1) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i1.1474

Abstract


This research is quasi research to determine the influence of learning model of  deductive hypothetical learning cycle to critical thinking skills of students, to determine the influence of conventional learning to critical thinking skills of students, and to determine whether there are significant differences between critical thinking skills the groups were taught learning model of deductive hypothetical learning cycle and taught by conventionally in science students grade XI SMA Negeri  4 Pinrang in 2013/2014 academic year. Design used in this study is Intact Group Comparison. Independent variable is learning model that consists of two dimensions namely learning model of deductive hypothetical learning cycle and conventional learning. Meanwhile, the independent variable is the critical thinking skills of students. The population in this study were all of science students grade XI SMA Negeri 4 Pinrang in 2013/2014 academic year. The sample is an experiment group with a number of 23 persons and the control group with a number of 21 persons. Critical thinking skills data acquired through multiple choice tests. The technique of data analysis is descriptive analysis and inferential analysis. Based on the results of the test of critical thinking skills obtained an average score of critical thinking skills that are taught learning model of deductive hypothetical learning cycle was 25,48 it was obtained from average score of experimental group. While the average score of critical thinking skills that are taught by conventional was 22,19 it was obtained from average score of control group. In the hypothesis test that there are differences in critical thinking skills of science students grade XI SMA Negeri 4 Pinrang was taught by learning model of deductive hypothetical learning cycle and was taught conventionally.

Penelitian ini adalah penelitian kuasi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konvensional terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara kelompok yang diajar dengan model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pinrang Tahun Ajaran 2013/2014. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Intact Group Comparison. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran yang terdiri atas dua dimensi yaitu model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif dan pembelajaran konvensional. Sedangkan variabel tak bebasnya adalah keterampilan berpikir kritis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pinrang tahun pelajaran 2013/2014. Sampelnya adalah kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 23 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 21 orang. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes pilihan ganda. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis diperoleh skor rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok yang diajar dengan model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif  sebesar 25,48 diperoleh dari skor rata-rata yang dicapai olek kelompok eksperimen. Sedangkan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis kelompok yang diajar secara konvensional sebesar 22,19 diperoleh dari skor rata-rata yang dicapai olek kelompok kontrol. Dari pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pinrang yang diajar dengan model pembelajaran siklus belajar hipotetikal deduktif dan yang diajar secara konvensional.

Kata Kunci:  hipotetikal deduktif, keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran, siklus belajar

 



Full Text:

PDF

References


Agus. 2013. Berpikir Kritis dan Pengambilan Keputusan. Http://aguseducated.file.wordpress.com. Diakses pada tanggal 16 Desember 2013.

Cavdar, G. & Doe S.. 2012. Learning through Writing: Teaching Critical Thinking Skills in Writing Assignments. Colorado State University.

Collier, K. 2002. Developing Critical Thinking Skills Through a Variety of

Instructional Strategies. Saint Xavier University and Skylight Professional Development Field-Based Master’s Program, Chicago.

Cottrell, S. 2005. Critical Thinking Skills: Developing Effective Analysis and Argument. Hampshire: Palgrave Macmillan.

Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Indrayanthi, S.D. 2013. Pengaruh Penerapan Model Siklus Belajar 7E terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.

Karl, E.A. 1997. Scientific Reasoningand Achievement in a High School English Course. The Skeptical Inquirer.

Lawson, A.E. 1989. A Theory of Instruction: Using the Learning Cycle to Teach Science Concepts and Thinking Skills. National Association for Research in Science Teaching, Department of Science Education, College of Education, University of Cincinnati, Cincinnati, OH.

Prince, M.J. & Felder, R.M. 2006. Inductive Teaching and Learning Methods: Definitions, Comparison, and Research Bases. Journal of Engineering Education. Volume 2: 123-138.

Riduwan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Alfabeta: Bandung.

Rochim, F., Sudarisman, S., & Suparmi. 2012. Pembelajaran Biologi Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif dengan Media Riil dan Media Virtuil Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Analitis dan Gaya Belajar Siswa. Volume 1, Nomor 2: 121-131. Http://jurnal.pasca.uns.ac.id.

Rudinow, J. & dan Barry, V.E. 2008. Invitation to Critical Thinking. USA: Thomson Wadsworth.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Taufiq & Wiyono, K. 2013. The Application of Hypothetical Deductive Learning Cycle Learning Model to Improve Senior High School Students’ Science Generic Skills on Rigid Body Equilibrium. Department of Physics Education, Sriwijaya State University.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Whiteshide, C. 1997. A Model for Teaching Critical Thinking in the Clinical Setting. Dimensions of Critical Care Nursing. Volume 16, Nomor 63: 152-162.


Article Metrics

Abstract view : 347 times | PDF view : 165 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License