EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 MAKASSAR

Reni Ruanti(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Helmi Helmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13500

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment Design dengan desain Posstest-Only Contol Design. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skor hasil belajar pada aspek kognitif dengan empat indikator yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan dan analisis, antara peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dan yang diajar secara konvensional, serta menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dan yang diajar secara konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Makassar dengan sampel yaitu kelas XI MIPA 3 (kelas eksperimen) diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dan XI MIPA 4 (kelas kontrol) diterapkan pembeajaran secara konvensional.. Hasil analisis deskriptif tes hasil belajar fisika peserta didik diperoleh skor rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 12,79 dengan kategori tinggi, sedangkan skor rata-rata pada kelas kontrol yaitu 10,27 dengan kategori sedang dari skor ideal 21. Hasil uji statistik menggunakan uji t’ diperoleh bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar secara konvensional.

Full Text:

PDF

References


Anam Khoirul, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2017). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Diknas.

Hadisaputro, & Y (2013). Keefektifan Pendekatan Student Centered Learning Dengan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Issn N0 2252-6609-Conservation University, 155.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sma/Ma. Jakarta: Dirjen Diknas.

Kuhlthau, C. C. (2007). Guide Inquiry Learning In The 21th Century. London: Liberary Unlimited.

Nugroho, A. (2018). Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Kompas Gramedia.

Ruanti Reni. (2019). Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Fisika Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 199 times | PDF view : 76 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License