ANALISIS KEMAMPUAN MENAFSIRKAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 12 MAKASSAR

Karsimen Karsimen(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Herman Herman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13499

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan menafsirkan dalam pembelajaran fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 12 Makassar Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 12 Makassar tahun ajaran 2018/2019 dan sampel dipilih secara simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda kemampuan menafsirkan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan tabel distribusi frekuensi menunjukan dalam pembelajaran fisika secara keseluruhan skor keterampilan proses sains dengan indikator menafsirkan dalam pembelajaran fisika peserta didik sebanyak 0,58 % berada pada kategori sangat rendah; 16,28% berada pada kategori rendah; 34,88% berada pada kategori sedang; 9,30% berada pada kategori tinggi dan 0,58 pada kategori sangat tinggi.

Full Text:

PDF

References


Deden. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Kelas VI SDN 47 Rambin Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Penelitian. 4(12), 1-12.

Dimyanti & Mudjono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Citra.

Parmolo. 2016. Deskripsi Kemampuan Menafsirkan Grafik Kinematika Siswa Kelas X SMA Negeri Sungai Kakap. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 1 30-31.

Pujianto A., Nurjannah, & Darmadi L.W. 2013. Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Penelitian. Pendidikan Fisika (JPFT), Vol. 1 16-22

Rusmiyanti, A. 2009. Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menerapkan Model Based Intruction. Jurnal Pendidikan dan Penelitian, Vol 2. 32-36.

Rustaman, NY. 2011. Strategi Belajar Biologi. Bandung: Jurusan Biologi FP MIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Semiawan, C. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia.

Salmi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Motivasi Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMAN 4 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). Vol. 1 238-247

Septi. 2016. Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Keterrampilan Proses Sains Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Analisis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Vol 1 21-22.

Tawil. 2014. Keterampilan-Keterampilan Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Fisika. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Utami, A.F.R. 2012. Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Menerapkan Penerapan Hirarki Inquiri Di Kelas XI 2 IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 2 21-22.


Article Metrics

Abstract view : 635 times | PDF view : 165 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License