STUDI KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA PESERTA DIDIK SMAN SE-KABUPATEN JENEPONTO

M Arifuddin Aswar(1*), Agustinus Jarak Tandean(2), Herman Herman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri makassar
(3) Universitas Negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13497

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika SMAN se-Kabupaten Jeneponto. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains. Variabel yang dimaksudkan adalah menafsirkan, meramalkan, menerapkan konsep dan mengomunikasikan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN se- Kabupaten Jeneponto, dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dari SMAN yang masing-masing terakreditasi A, B, dan C di Kabupaten Jeneponto. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Analisis deskriptif memberikan kesimpulan bahwa sekolah yang terakreditasi A memiliki keterampilan proses sains peserta didik yang lebih tinggi daripada sekolah yang terakreditasi B dan C, dan sekolah yang terakreditasi B memiliki keterampilan proses sains peserta didik yang lebih tinggi daripada sekolah yang terakreditasi C.

Full Text:

PDF

References


Anugerah, 2018. Analisis Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma Negeri 17 Makassar. Tidak di terbitkan: Jurusan Pendidikan Fisika. FMIPA UNM.

Eka Ningsih, Puji, Siswoyo dan I Made Astra. 2015. Pengaruh Metode Pogil (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X SMA. Jurnal Fisika, Vol. 04, ISSN: 2339-0654.

Khaerunnisa, 2017. Analisis Keterampilan Proses Sains (Fisika) SMA Di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Pendidikan fisika. vol 5. No. 3. Unismuh Makassar.

Kurnia, E. 2010. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Pembelajaran Sistem Koloid Menggunakan Metode Praktikum Berbasis Masalah. Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Mundilarto (2002). Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: FMIPA UNY .

Myers, B. E., Dyer, J. E., 2006. Effects of Investigative Laboratory Instruction on Content Knowledge and Science Process Skill Achievement Across Learning Styles. Journal of Agricultural Education. 42 (4): 52-63.

Purnama, Tiara. 2014. Pengaruh Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X Sman 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, Vol 11, no 2 (hal. 155-160). FMIPA UNM.

Salmi, Novita. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Motivasi Belajar Fisika Dan Keterampian Proses Sains Peserta Didik Sman 4 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. Vol 13 No 3 (hal. 238-247). FMIPA UNM.

Suryaningsih, Kumala. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Fisika Melalui Pendekatan Ilmiah Peserta Didik Kelas X SMAN Negeri 1 Makassar. Jurnal Sians dan Pendidikan Fisika, Vol 12 No 1. (hal. 30-36). FMIPA UNM.

Sutrisno. 2006. Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Fisika FMIPA UPI.


Article Metrics

Abstract view : 269 times | PDF view : 81 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License