PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 PALOPO

Ahmad Risal Patappa(1*), Herman Herman(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Univeristas Negeri Makassar
(2) 
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13495

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dalam fisika SMA Negeri 2 Palopo. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains fisika. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMAN 2 Palopo yang terdiri dari 27 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan tes keterampilan proses sains pada materi getaran harmonik sederhana untuk pretest dan post test. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan uji N-Gain. Berdasarkan analisis statistik inferensial, skor rata-rata untuk pretest 27 siswa adalah 2,70 dan skor rata-rata untuk post test 27 siswa adalah 16,74. Kemudian hasil analisis dengan uji N-Gain diperoleh peningkatan keterampilan proses sains dalam fisika siswa dalam mengamati dan menafsirkan aspek 0,9 dalam kategori tinggi. Maka disimpulkan bahwa metode demografi dapat meningkatkan keterampilan proses sains fisika dalam aspek mengamati dan menafsirkan siswa di kelas X IPA 2 SMAN 2 Palopo.

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan KTSP. Jakarta: Depdiknas.

Dhina, M. A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis Magister PPs UPI Bandung: Deepublish.

Rahmat, R., & Suhandi. (2017). Penerapan pendekatan demonstrasi interaktif untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains siswa. Jurnal ilmiah penelitian dan pembelajaran fisika , 40-50.

Setyawan, E. J. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Multiple Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis Magister PPs UPI Bandung: Deepublish

Auchincloss, LC., S. L. Laursen., J. L Branchaw., K Eagan., M. Graham., D. I. Hanauer., G. Lawrie., C. M. McLinn., N. Pelaez., S. Rowland., M. Towns., N. M. Trautmann., P. V. Nelson., T. J.

Weston, dan E. L. Dolan. 2014. Assessment of Course-Based Undergraduate Research Experiences: A Meeting Report. CBE Life Science Education, 13:29–40.

Zeidan, A. H, dan M. R. Jayosi. 2015. Science Process Skills and Attitudes toward Scienceamong Palestinian Secondary School Students. World Journal of Education, 5(1):13-24.


Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 91 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License