ANALISIS PEMBELAJARAN IPA DENGAN LESSON STUDY BERBASIS TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Ana Sari Pulsande(1), Nova Susanti(2*), Neneng Lestari(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i2.20058

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pembelajaran IPA dengan lesson study berbasis Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) dianalisis melalui perekaman dialog pembicaraan guru dan siswa serta pengamatan yang dilakukan oleh observer, penelitian ini berfokus untuk melihat respond siswa selama pembelajaran. Melalui analisis ini dapat dilihat bagaimana penerapan lesson study berbasis Transcript Based Lesson Analysis (TBLA), bagaimana analisis proses pembelajaran bersifat student centered atau bersifat teacher centered dapat dilihat melalui pola dialog yang muncul berdasarkan pembicaraan antar guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, Data dalam penelitian ini berbentuk data penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 SMP Al-Falah Kota Jambi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan rekam video selama pembelajaran, catatan lapangan observasi, dan dokumen yang lainnya. Penelitian ini berlansung dalam 2 siklus dilaksanakan pada bulan februari 2021 dengan 3 tahapan Lesson study yaitu plan, do, dan see. Berdasarkan dialog percakapan antara guru model dan siswa pada siklus I dan II ditunjukkan dalam dua grafik number of words. Siklus I dalam penelitian ini terlihat guru masih mendominasi percakapan, tidak banyak siswa yang memberikan respond dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru model. Pada siklus II pembelajran berlansung secara diskusi kelompok terlihat beberapa siswa yang aktif berdiskusi dalam memecahkan masalah yang disajikan oleh guru model, dilihat dari banyaknya percakapan yang muncul dalam grafik number of wold siklus II. Saran yang termuat dalam penelitian ini agar guru bisa menerapkan pembelajaran dengan lesson study berbasis Transcript Based Lesson Analysis (TBLA), dengan demikian dapat membantu guru dalam menganalisis proses pembelajaran yang berlansung pada setiap siswa yang dilihat dari dialog percakapan guru dan siswa

Full Text:

PDF

References


Amintarti, S., Winarti, A., Sholahuddin, A., Syahmani, S., & Wati, M. (2020). Penerapan Transcript Based Lesson Analysis (Tbla) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 149. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8219

Chotimah, S. (2019). Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui Teknik Lesson study secara Kolaboratif dan rutin di Taman Kanak-Kanak Islam Al Amal Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(1), 104–119.

Hasan, P, P., & Ali, M. S. (2011). Hubungan Antara Pengetahuan Dasar Matematika dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar Tahun Ajaran 2010/2011. JSPF: Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 7(2), 93–107.

Juliartini, N. M., Hatibe, A., & Darsikin. (2020). Analisis Kesulitan siswa SMA dalam memahami konsep hukum newton. Musamus Journal of Sciense Education, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.35724/mjose.v2i2.3025

Kamid, & Syaiful. (2016). Pelatihan Lesson study untuk meningkatkan kinerja guru matematika di kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 31(September), 42–49.

Maison, Asrial, & Syaiful, M. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada materi Fisika melalui Kegiatan Lesson study di smp 17 kota jambi. Pengapdian Pada Masyarakat, 30(September), 55–60.

Manrulu, R. H., & Sari, D. N. (2015). Efektivis Kegiatan Lesson Study dalam Merancang Pembelajaran pada Mata Kuliah Gelombang dan Optik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 229–239. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.95

Matoba, M. (2017). Building Academic-Oriented Lesson Study. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 120–134. https://www.m-culture.go.th/mculture_th/download/king9/Glossary_about_HM_King_Bhumibol_Adulyadej’s_Funeral.pdf

Mutiani, Abbas, E. warmansyah, Syaharuddin, & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122.

Patimah, D., & Murni, M. (2017). Analisis Kualitatif Gaya Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Fisika Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 106–118. https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5155

Purwanto, J., & Winarti, W. (2016). Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 8–18. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1148

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Base melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63–70.

Ramadhani, H. S. (2017). Efektivitas Metode Pembelajaran SCL (Student Cantered Learning) dan TCL (Teacher Cantered Learning) Pada Motivasi Instrinsik & Ekstrinsik Mahasiswa Psikologi UNTAG Surabaya Angkatan Tahun 2014 – 2015. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 66–74.

Satriawan, M. (2016). Pembelajaran Fisika melalui Lesson Study berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Pendidik dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosding Seminar Nasional UNESA, 2, 207–214.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Supriatna, A. (2018). Kegiatan Lesson Study sebagai Upaya Guru untuk Menemukan Pembelajaran yang Memenuhi Keperluan Anak Hidup pada Zamannya (Era Revolusi Industri 4.0). Edusainstek, 1(1), 1–5.

Susanti, N., Desmalwan, & Basuki, F. R. (2016). Implementation Wave KIT as Efforts to Increase Student Learning Skills. Preseeding the 2nd International Conference on Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2(1), 448–456. https://jurnal.uns.ac.id/ictte/article/viewFile/7492/6660

Syafrial, & Zainuddin. (2018). Hasil Belajar Fisika Model Pembelajaran Lesson Study Dan Kooperatif Type STAD Siswa Man 1 Konawe Selatan. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 12(2), 153–165. https://doi.org/10.31332/ai.v12i2.646


Article Metrics

Abstract view : 776 times | PDF view : 288 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License