PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAKASSAR

Anna Christi Poreni(1*), Antonius Jarak Tandean(2), Ahmad Yani(3),

(1) SMA Negeri 1 Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11038

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen dengan desain quasi eksperimen model post-test Only Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model discovery learning menggunakan teknik probing prompting, mengetahui seberapa besar hasil belajar peserta didik yang diajar secara konvensional, dan menganalisis perbedaan hasil belajar antara yang diajar dengan model discovery learning menggunakan teknik probing prompting dan yang diajar secara konvensional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Makassar yang berjumlah 9 kelas. Sampel penelitian yang digunakan sebagai subjek peneltian diperoleh dengan teknik purposive sampling untuk dilibatkan dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 3 dan kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas XI MIPA 4. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 11.83, standar deviasi sebesar 1.96, dan varians sebesar 3.86. Pada kelas kontrol hasil belajar yang diperoleh memiliki rata-rata sebesar 13.50, standar deviasi sebesar 2.46, dan varians sebesar 6.05. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf nyata α=0,05 (H1 diterima).

Full Text:

PDF

References


Cohen, L., et al. 1996. A Guide to Teaching Practice Fourth Edition. London: Routledge.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Dills, C. R., and Alexander J. R. 1997. Instructional Development Paradigms. New Jersey: Educational Technology Publications, Inc.

Hamalik, O. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusnadi. 2018. Metode Pembelajaran Kolaboratif. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Kusuma, T. L., dkk. 2015. Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Fisika di MA. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 3, No 4, 336-341.

Lefudin. 2017. Belajar dan pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Maysyarah, R. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, Vol 3, No 1, 21-27.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Phillips, D. C. 2014. Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy. USA: SAGE Publications, Inc.

Pianda, D., dkk. 2018. Best Practice: Karya Guru Innovatif dan Inspiratif. Sukabumi: CV Jejak.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shobirin, M. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Siddik, M. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi . Malang: CV Tunggal Mandiri.

Slameto. 2003. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 1997. Metoda Statistika Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. 2014. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Cetakan ke-15. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Vishwanath, H. N. 2006. Models of Teaching in Enviromental Education. Delhi: Discovery Publishing House.

Zitzewitz, P. W. 2011. The Handy Physics Answer Book. USA: Visible Ink Press.


Article Metrics

Abstract view : 306 times | PDF view : 129 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License