Effectiveness of Group Counseling Services Using Self-Management Techniques to Reduce Online Game Addiction
(1) State University of Yogyakarta
(2) State University of Yogyakarta
(3) State University of Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/est.v10i1.57882
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, L. (2018). INTERVENSI PSIKOLOGI ISLAM: Model Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management- Tazkiyatun Nafs. Jurnal Psikologi Islam, 5(2), 75–86.
Anisah, L., & Sri, E. (2020). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 6 Nomor 3 Tahun 2020 Tersedia Online : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 PELA. 6, 23–28.
Dini, I. R. (2021). Bimbingan Konseling. Kajian Teori, 170.
Edeltrudis, K., Korohama, P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2017). Jurnal Bimbingan Konseling Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Abstrak. 6(1), 68–76.
Fitri, E. N., & Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal Educatio, 2(2), 19–23.
Hidayati, R. (2012). Model Bimbingan Kelompok dengan Tekhnik Stimulus Control untukMeningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 6.
Jey, G., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 5(1),99–110. https://doi.org/10.51730/ed.v5i1.70
Khirur, R., Badruli Martati, S. H., Putra, D. A., Roziqin, K., Martati, B., & Putra, D. A. (2021). Analisis Karakter Religius Siswa Dalam Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 7(1), 1–6. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/12150
Lestari, M. J. D., & Novianti, L. E. (2022). Smartphone Addiction of Early Adolescents During COVID-19 Pandemic. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(5), 618–625. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1158
Lestari, P. W., & Millenia, S. J. (2020). Peningkatan Pemahaman Anak Melalui Edukasi Dampak Penggunaan Gawai Berlebih. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 264–272.
Mahasiswa, D. widya rahmawati, Desi Maulia, & Eka Sari Setianingsih. (2023). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Dalam Penggunaan Gawai Pada Siswa SMK Negeri X. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling,5(2),125–131. https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.137
Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2),145–156. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145
Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Prasetya, A. F., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2020). The Positive Impact From Group Counselling With Cognitive Behaviour ( GC-CB ) To Stress About Cyberbullying Conditions. 07(10), 3348–3355.
Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 65–76. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.78
Reswari, A., & Syakuro, M. A. (2023). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Penggunaan Gawai di Era Digitalisasi. 7(2), 69–87.
Rifda, A. P. R., & Suryanti, H. H. S. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Media Games Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas X IPS 5 Di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Medi Kons, 6(1). http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/mdk/article/view/3722%0Ahttps://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/mdk/article/view/3722/3108
Vania, N. R., Supriatna, E., & Fatimah, S. (2019). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Dalam Rangka Pengelolaan Stres Akademik Peserta Didik Kelas Viii Smp. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(6), 250. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.3541
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Article Metrics
Abstract view : 16 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Juni Fernando Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office
Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar
Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia | |||||
jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id | |||||
https://ojs.unm.ac.id/JEST/index | |||||
085299898201 (WA) | |||||
EST Index by: