Penyetaraan tes soal potensi akademik berdasarkan teori respon butir menggunakan Software R di STMIK AKBA
(1) STMIK AKBA
(2) SMA Addaraen Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3580
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, N. S. (2012). Karakteristik metode penyetaraan skor tes untuk data dikotomos. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 88–101.
Antara, A. A. P., & Bastari. (2015). Penyetaraan Vertikal Dengan Pendekatan Klasik Dan Item Response Theory Pada Siswa Sekolah Dasar, 19(1), 13–24
Bintarawati, D. (2012). The accuracy of concordance method. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(2), 107–117. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/download/2683/2032
Daeng, K. (2015). Pengembangan materi pembelajaran makassar bagi siswa SMP/MTS. di sulawesi selatan Journal of Educational Science and Technology, 1, 27–38.
Inteni, K. A. S., Candiasa, I. M., & Suarni, N. K. (2013). Pengembangan Instrumen Tes Objektif Pilihan Ganda Yang Diperluas Berbasis Web Untuk Mata Pelajaran Tik Kelas Xi Sman Di Kabupaten Karangasem. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3(5).
Miyatun, E., & Mardapi, D. (2000). Komparasi Metode Penyetaraan Tes Menurut Teori Respon Butir. Jurnal Penelitian dan Evaluasi UNY (online).Nomor 3, Tahun II. 2000
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan.Yogyakarta. PT. Nuha Litera.
Mistiani, W. (2015). Keadilan gender dalam penilaian hasil belajar. Musawa, 7(2), 283–302.
Permatasari, T. O., Prabandari, Y. S., & Kristina, T. N. (2016). Faktor Kognitif dan Non-Kognitif Pada Seleksi Mahasiswa Baru Sebagai Prediktor Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(1).
Ruslan. 2005. Penyetaraan Kemampuan Peserta Tes. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika UNM. Vol. 5, No 2
Tumilisar, A. J. V.2006. Akurasi Relatif Penyetaraan Skor Tes untuk Sampel Berukuran 300 Ditinjau dari Metode Penyetaraan dan Teknik Penghalusan. Jurnal Pendidikan Penabur. No.06/Th.V/Juni 2006
Tamsyani, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognitif. Journal of Educational Science and Technology, 2(1), 10–26.
Syaifuddin, Mohammad. 2005. Penyetaraan Tes Model Respons Berjenjang. Disertasi. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Univeritas Negeri Yogyakarta.
Article Metrics
Abstract view : 1172 times | PDF view : 324 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Akbar Iskandar, Ahmad Rudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial Office
Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar
Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia | |||||
jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id | |||||
https://ojs.unm.ac.id/JEST/index | |||||
085299898201 (WA) | |||||
EST Index by: