PENGARUH KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR
(1) Sekolah Dasar Negeri 1 Pakalu 1 Kabupaten Maros
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2560
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF_IndonesiaReferences
Abimanyu, Soli. 2008. Pengajaran Mikro. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hadis, Abdul dan Nurhayati. 2014. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Majid, Abdul. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nashar, H. 2004. Peranan Motivasi & Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.
Nevid, J. 2013. Psychology: Concepts and applications. Belmont, CA: Wadworth.
Rusman. 2011. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Usman, Moh. Uzer. 2008. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yunia, Meta. 2014. Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Jatibarang Kidul 05 Kabupaten Brebes. Skripsi. Tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yulianis, Nurma. 2014. Hubungan Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Tesis. Tidak diterbitkan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Article Metrics
Abstract view : 1849 times | PDF_Indonesia view : 139 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal of Educational Science and Technology (EST)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial Office
Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar
![]() | Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia | ||||
![]() | jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id | ||||
![]() | https://ojs.unm.ac.id/JEST/index | ||||
![]() | 085299898201 (WA) | ||||
EST Index by: