UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL STAD DAN NHT

Radiatul Laila Agustina(1*),

(1) Pendidikan Dasar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Banjarmasin,
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada konsep struktur tumbuhan dengan fungsinya menggunakan model STAD dan NHT. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bersifat kolaborasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dari siklus I adalah 45 % dan meningkat menjadi 86,66% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan baik secara individu maupun klasikal. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 33% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD dan NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kampung Baru tahun pelajaran 2015/2016.

 



Keywords


Kata Kunci: Hasil belajar, STAD, NHT.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 654 times | PDF view : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: