PENGUATAN NILAI KARAKTER MAHASISWA BARU BERBASIS PEMBELAJARAN REFLEKTIF (REFLECTION LEARNING)

Rais Misi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1693

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang akan dilaksanakan selama dua tahun (2015-2016). Kegiatan tahun pertama (2015) diawali dengan menganalisis karakter awal mahasiswa baru. Hasilnya menunjukkan bahwa 1) mahasiswa umumnya 56.67% memaknai kekerasan yang berujung tawuran sebagai perilaku anti sosial yang melanggar hukum, tidak beretika dan perlu direduksi melalui pendekatan preventif awal, 2) umumnya 40%  mahasiswa mengetahui bahwa perilaku tawuran baik dari segi gejala, modus, kelompok pelaku, dan kadang waktu-waktu terjadinya tawuran, 3) pemahaman pada mahasiswa bahwa upaya pencegahan tawuran 40% dapat dilakukan  melalui pembentukan gerakan anti kekerasan di kampus. Pada tahun pertama juga telah dihasilkan produk buku panduan dan materi pembinaan nilai-nilai karakter mahasiswa baru melalui model pembelajaran reflektif yang telah tervalidasi. Selanjutnya produk diuji pada kelompok ahli dan kelompok mahasiswa untuk menguji kegunaan, kelayakan, dan ketepatan panduan dan materi.  Hasilnya menunjukkan bahwa buku panduan dan materi memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, dan ketepatan dengan rata-rata memberi skor 3 dan 4. Kriteria kegunaan menurut penilaian ahli maupun mahasiswa menyatakan bahwa panduan dan buku yang dikembangkan berguna dalam memberi pemahaman konsep pencegahan tawuran sejak dini bagi mahasiswa baru. Kriteria kelayakan dinyatakan bahwa panduan dan buku yang dikembangkan adalah layak dalam upaya memberi penguatan nilai karakter dan semangat membangun komunitas anti tawuran. Kriteria ketepatan dinyatakan bahwa panduan dan buku yang dikembangkan memiliki substansi isi dan materi yang memberi dukungan pengembangan kepribadian khususnya pengembangan nilai-nilai karakter berbasis pada integrasi model pembelajaran khususnya pembelajaran reflektif.



Keywords


Pembelajaran Reflektif, Nilai Karakter, Anti Kekerasan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 734 times | PDF view : 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: