PENGARUH EFIKASI DIRI, AKTIVITAS, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI

sitti fitriana(1*),

(1) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1517

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian 581 siswa dan Sampel penelitian 172 siswa yang diambil dengan menggunakan proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket efikasi diri, angket aktivitas belajar, angket kemandirian belajar, tes kemampuan berpikir logis, dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analysis statistika inferensial (path anlysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Polongbangkeng Utara memiliki efikasi diri, aktivitas belajar, Kemandirian Belajar, Kemampuan berpikir logis dan hasil belajar matematika dengan kategori sedang. (2) Variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu: efikasi diri berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, kemandirian belajar, kemampuan berpikir logis. Aktivitas belajar berpengaruh langsung terhadap kemandirian belajar, dan kemampuan berpikir logis. (3) Variabel yang berpengaruh secara tidak signifikan yaitu: efikasi diri tidak berpengaruh langsung terhadap aktivitas belajar, Efikasi diri berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kemandirian belajar, Efikasi diri berpengaruh tidak signifikan secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kemamuan berpikir logis, Aktivitas belajar tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, Aktivitas belajar berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kemandirian belajar, Aktivitas belajar berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui kemampuan berpikir logis, kemandirian belajar tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, kemampuan berpikir logis tidak berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar.


Keywords


Efikasi Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Logis, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1709 times | PDF view : 1656 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: