DESCRIPTION OF MATHEMATICS REASONING ABILITY IN SOLVING STORY QUESTIONS BASED ON COGNITIVE STYLES AND INITIAL ABILITY OF STUDENTS
(1) PPs UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v6i3.8840
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmono, A. 2012. “Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik dalam Belajar”, Paper Presented at Sekolah Tinggi Agama Islam Ngawi, (online),(http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/39, Diakses 21 Februari 2018).
Muharom, Tria. 2014. Pengaruh Pembelajaran dengan Model Tipe Students Teams Achivement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.Jurnal Pendidikan dan Keguruan, (online), Volume 1 No 1, (http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/2/2, Diakses 21 Februari 2018)
Mulbar, Usman. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sainsmat, (online), Vol. I, No. 1, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=57588&val=4331&title=Pengembangan%20Perangkat%20Pembelajaran%20Matematika%20Realistik%20di%20Sekolah%20Menengah%20Pertama, Diakses 16 Agustus 2018)
Mulbar, Usman, Abdul Rahman & Ansari S. Ahmar. 2017. Analysis of the ability in mathematical problem-solving based on SOLO taxonomy and cognitive style. World Transactions on Engineering and Technology Education (online), Vol.15, No.1
(http://www.wiete.com.au/journals/WTE&TE/Pages/Vol.15,%20No.1%20(2017)/12-Ahmar-AS.pdf, Diakses 16 Agustus 2018)
Permana, Yanto, & Utari Sumarmo. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Educationist. Jurnal Pendidikan Matematika, (online), 1 (2), 116-123, (https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/19108312/6_yanto_permana_layout2rev.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1521862024&Signature=lAQxrgmvBQCTLsxNKP9HDItVHBI%3D&response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DPengembangan_Kemampuan_Penalaran_dan_Kon.pdf, Diakses 21 Februari 2018)
Schunk, Dale H., 2012, Learning Theories An Educational Perspektive. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Shadiq, Fadjar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar di PPPG Matematika Tanggal 6 s.d. 19 Agustus 2004. Yogyakarta: Depdiknas Dirjendiknas Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.
Susanto, Herry Agus. 2008. Mahasiswa Field Independent dan Field Dependent Dalam Memahami Konsep Grup . Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika tanggal 28 Nopember 2008, (online).( http://eprints.uny.ac.id/6902/1/P5%20Pendidikan%20%28Herry%20AS%29.pdf, Diakses 22 Februari 2018)
Usman, Moh.Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.
Wati, Erna Hartika. 2016. Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Artikel Publikasi Ilmiah (online). (https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6959/21_77_Makalah%20Rev%20Erna%20Hartika%20Wati.pdf;sequence=1, Diakses 20 Februari 2018)
Article Metrics
Abstract view : 300 times | PDF view : 32 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Mutmainnah Mutmainnah, Usman Mulbar, Djadir Djadir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/