DEVELOPMENT OF MATHEMATIC LEARNING QUALITY THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL BY USING STRUCTURED SCAFFOLDING TO GRADE VIII-1 STUDENT AT SMPN 3 MAKASSAR
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i3.2929
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Scientifik pada Siswa Kelas IV SD Negeri Paccerakkang Makassar. Tesis. tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Arends, I. Ricard. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Amir, M. Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Edisi Pertama (Cetakan ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anifa W, Sri. Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta ; Universitas Terbuka.
Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Satu Nusa
Badden, Maggi Savin, dan Wilkie, Kay. 2004. Chalengging Research in Problem Based Learning. London:Open University Press
BSNP. 2008. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
BPSDMPK dan PMP. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud.
Depdiknas. 2004. Kualitas Pembelajaran. Tidak diterbitkan.
__.2006. Permendiknas 2006 Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Tidak diterbitkan.
________. 2006. Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Depdiknas.
__.2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Matematika. Tidak diterbitkan.
Depdikbud. 2013. Permendikbud RI No. 64 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Tidak diterbitkan.
__________. 2013. Permendikbud RI No. 68 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Tidak diterbitkan.
__________. 2014. Permendikbud RI No. 58 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah . Tidak diterbitkan.
__________. 2014. Permendikbud RI No. 103 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Tidak diterbitkan.
__________. 2015. Permendikbud RI No. 53 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Tidak diterbitkan.
Eggen, Paul dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta:Indeks
Fatimah. 2006. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas V SD Mallengkeri Makassar. Skripsi (tidak diterbitkan): FMIPA UNM Makassar
Gunantara, Gd., Suarjana, Md., & Riastini, Nanci, Pt. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, (Online), Vol. 2 No. 1 (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/, Diakses 12 Juli 2015).
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hamzah, Ali. Dkk. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Hasibun, J.J, dkk. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXVI No. 1, 41-62.
Hudojo, H . 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang
_________. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
_________. 2000. Strategi Pengajaran Matematika Pembelajaran Teori “Apa di Depan Kelas”. FP MIPA: UM Malang.
Mardiah. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Kontekstual pada peserta didik kelas XD Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Makassar. Tesis. tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Murti, Bhisma. 2010. Problem Based Learning, Universitas Sebelas Maret. Tidak diterbitkan,
Nursiah, Sitti. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Melibatkan Scaffolding Tertruktur (Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Makassar. Thesis (Tidak Diterbitkan) : Universitas Negeri Makassar
Qadry, Ikhbariaty Kautsar. 2013. Penerapan Scaffolding yang Berorientasi Pada Hierarki Belajar Gagne Setting Pengajaran Langsung Dalam Perkuliahan Analisis Real I, Tesis. Makassar: PPs UNM.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Ruseffendi. 1990. Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Bandung: Tarsito.
_________. 1988. Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor:Ghalia Indonesia
Sadiman, Arief S. Dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Sarifah, Iva. 2011. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar (Suatu Meta Analisis terhadap Hasil Penelitian tentang Penerapan Problem Based Learning). Jurnal Ilmiah PGSD. (Online). Vol. 3 No. 2 (http://jurnal.pgsdunj.org/index.php/pgsd/, Diakses 12 Juli 2015)
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soedjaji. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana, Nana. 1989. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Jaya
___________. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suherman, Erman dkk. 2003. Common Text Book (Edisi Revisi); Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI
Supinah, dan Sutanti, Titik. 2010. Pembelajaran Matematika di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Prenadamedia Group.
Susilawati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik dapat Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 13 Makassar. Thesis (Tidak Diterbitkan) : Universitas Negeri Makassar.
Syuro, M. Cendika 2013. Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al- Maarif 01 Singosasi, (online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/, Diakses 12 Juli 2015).
Trianto. 2007. Model-model Inovatif Beorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser
Uno, Hamzah. B. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
___________. 2004. Mensinergikan Pendidikan Matematika dengan Bidang Lain. Makassar. Pustaka Ramadhan.
Yaumi, M. 2014. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Yulianingsih, Rini. 2013. Penerapan Model Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. Skripsi (Tidak Diterbitkan) : Universitas Pendidikan Indonesia.
Article Metrics
Abstract view : 909 times | PDF view : 187 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Nur Hasmah Hasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/