Pengembangan Etnosains dalam Pembelajaran Kimia pada Kurikulum Merdeka: Sebuah Kajian Literatur

Eda Lolo Allo(1*), Jumriati Jumriati(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.62393

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan etnosains dalam pembelajaran kimia dan mengeksplorasi lebih jauh bagaimana kearifan lokal/etnosains dapat dikembangkan dalam pembelajaran kimia pada kurikulum merdeka guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dari 15 artikel yang terindeks dalam kurun waktu 6 tahun (2018-2023) dengan mengkaji referensi secara kualitatif. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan etnosains dalam pembelajaran kimia dapat diintegrasikan dalam kurikulum merdeka untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini untuk memberikan gambaran dan informasi tentang pengembangan etnosais dalam kimia yang memberi peluang dalam pelaksanaan kurikulum merdeka dan sebagai referensi dalam penelitian selanjutnya.

Keywords


etnosains, pembelajaran kimia, kurikulum merdeka, kajian literatur

Full Text:

PDF

References


Afadil, Rahmawati, S., Alisa, W. N., & Mustapa, K. (2023). Using the Reaction Rate Learning Module with a STEM Approach to Student’s Creative Thinking Ability. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 7(1), 36–45.

Alfiahas, R., Asrial, A., & Muhammad, D. (2020). The effect of portfolio-based learning models and self-regulated learning on student’s creative thinking skills on acid and base materials. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(2), 88–94.

Ariani, L., Sudarmin, & Nurhayati, S. (2019). Analisis Berpikir Kreatif Pada Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2307–2317.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Balakrishnan, B. (2022). Exploring the Impact of Design Thinking Tool Among Design Undergraduates: A Study on Creative Skills and Motivation to Think Creatively. International Journal of Technology and Design Education, 32(3), 1799–1812.

Blegur, J., & Tlonaen, Z. A. (2017). Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kejaora, 2(1), 60–67.

Candra, R. A., Prasetya, A. T., & Hartati, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penarapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2437–2446.

Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P., & Osman, K. (2012). Creativity in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 467–474.

Desmarani, S., Rusdi, M., Haryanto, H., & Triwahyudi, S. (2022). The effect of E-LKPD on the inquiry-flipped classroom model and self-efficacy on students’ creative thinking ability. Jurnal Pendidikan Kimia, 14(3), 193–200.

Fahmi, R. M., & Jumadi, J. (2023). Analysis of Research Trends in Creative Thinking Skills in Science Learning: A Systemic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 204–211.

Fahmi, & Wuryandini. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Larutan Elektrolit Berbasis Proyek Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2608 – 2618.

Febriyanto, B., Rahman, Yuliawati, Anggraeni, S. W., & Yonanda, D. A. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1519–1528.

Hariri, A., Muslim, S., Ekohariadi, E., & Yundra, E. (2021). The Effect of Creative Thinking in Improving Decision Making. Management Science Letters, 11, 1765–1770.

Hijriyani, W., Erviyenni, E., & Haryati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Komik untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 6(2), 73–80.

Ibrahim, S. F., Jamiat, N., Chuang, C., & Shawalludin, S. (2023). A Bibliometric Review of Creative Thinking Model Development Over the Last 10 Years. International Journal of Advanced Research in Education and Society, 5(2), 144–162.

Jannah, R., & Rusmini. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Strategi Problem Posing Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2665–2676.

Johar, E., Syamsurizal, Afrida, & Sanova, A. (2022). Korelasi Antara Keterlaksanaan Model Treffinger Berbantuan ispring Suite 8 dengan Kemampuan Berpikir Kreatif. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(2), 186–196.

Khofifah, A. N., Dhiya, J., Ulhaq, Fatmasari, D., Zakiya, M. S., N, M. K., & Berliana, S. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Smpn di SD Negeri 3 Plajan Jepara. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 3(1), 255–268.

Kitchenham, B., & Charters, S. M. (2007). Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.117.471&rep=rep1&type=pdf

Latif, J., Lutfin, N. A., & Mutmainna, M. (2022). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC), 5(1), 48–55.

Lestari, D. I., Hasibuan, M. H. E., & Muhammad, D. (2020). The effect of the flipped classroom approach and self-efficacy on a guided inquiry on students’ creative thinking skills. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(2), 95–105.

Mariyana, M., Syahri, W., & Haryanto, H. (2023). Based E-LKPD development based problem based learning to improve students’ creative thinking skills on acid-base material. Jurnal Pendidikan Kimia, 15(2), 163–169.

Mirnawati, Fuldiaratman, & Yusnidar. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains pada Materi Koloid dan Kaitannya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 8(1), 85–96.

National Education Association. (2012). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to The “Four Cs.”

Poba, D., Taslima, Walanda, D. K., Napitupulu, M., & Rahmawati, S. (2023). Application of Student Worksheets Based on Hyperdocs in Chemistry Learning on Scientific Creativity. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 7(1), 10–18.

Prabaningtias, D. A., Istiyono, E., Mahmuda, D., Arman, D., & Arifiyanti, F. (2022). Creative Thinking Physics: A Review and Bibliometric Analysis. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 7(3), 264–275.

Putri, S. D., Wijayati, N., Mahatmanti, F. W., & Rachmadiyono, D. (2021). Keefektifan Materi Ajar Penyangga Berbasis Pemecahan Masalah pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2864–2872.

Rudibyani, R. B. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pre Lecture Quiz. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 6(2), 85–104.

Rusmansyah, R., Huda, N., Mahdian, M., Safitri, L., Heldaniah, H., & Isnawati, I. (2022). Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Model Scientific Critical Creative Thinking. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 124–135.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen KEMENDIKBUD RI. 1

Sigit, D. V., Heryanti, E., Pangestika, D. A. W., & Ichsan, I. Z. (2019). Pembelajaran Lingkungan bagi Siswa: Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 6–12.

Siregar, S. R., Sutiani, A., & Purba, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Real Lab dan Virtual Lab untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 1(2), 116–122.

Siswanto, R. D., & Ajiz, A. S. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Mind Map terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding SENAMKU, 01, 277–288.

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.

Sulistiani, N. E., & Agustini, R. (2022). Improvement of Student’s Creative Thinking Skills by Guided Inquiry-Based Student Worksheet in Acid-Base Materials. Jurnal Pendidikan Kimia, 14(3), 139–148.

Suryaningsih, S., Rahmawanti, M., & Suciati, T. (2023). Steam-PBL pada Materi Hidrolisis Garam untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 6(3), 219–227.

Suyanti, R. D., & Ramadhani, S. (2022). Implementasi STS Berbasis Collaborative dengan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 4(1), 31–45.

Syafitri, I., Haryanto, H., Fuldiaratman, F., Rusdi, M., Afrida, & Yusnidar. (2022). Pengaruh Model PBL Berbasis Etnosains terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(2), 224–235.

Wahyuliani, D., Danial, M., & Sanusi, W. (2022). Pengembangan E-Modul pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 207–215.

Wardani, H., & Mitarlis, M. (2019). Development of Students’ Worksheet with Mind Mapping Strategy to Improve the Creative Thinking Skills on Stoiciometry. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 3(2), 58–64.


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats