Pengembangan Keterampilan Meneliti Siswa SMA dalam Kurikulum Merdeka

Andi Evi Febrianti(1), Eda Lolo Allo(2*),

(1) Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.56438

Abstract


ABSTRAK
Keterampilan meneliti penting untuk dibangun dalam pembelajaran karena dapat mengembangkan kemampuan peserta didik memahami proses penelitian, meningkatkan keterampilan menulis dan berkomunikasi, serta mendapatkan pengalaman bekerja secara kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan keterampilan meneliti siswa SMA dalam kurikulum merdeka. Peneliti melakukan pendekatan dengan cara penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dari beberapa literatur (studi literatur). Adapun hasil dari penelitian ini yaitu keterampilan meneliti yang merupakan sebuah kompetensi untuk melakukan pemecahan masalah secara sistematis, mengikuti metode ilmiah, berdasarkan fakta, dan berpedoman pada teori. Pengembangan keterampilan meneliti siswa SMA dalam kurikulum merdeka adalah penumbuhan keterampilan bidang penelitian mulai dari identifikasi masalah, merumuskan masalah, penelusuran pustaka, rancangan penelitian, pengumpulan data, analisis data, sampai dengan menarik simpulan, dan diakhiri dengan pelaporan. Beberapa model pembelajaran abad ke 21 yang dapat diterapkan untuk mendukung dan mengembangkan keterampilan meneliti siswa SMA dalam kurikulum merdeka yaitu model pembelajaran berbasis penemuan/penelitian (Inquiri Learning, Discovery Learning), pemecahan masalah (Problem Based Learning), dan menghasilkan karya/produk (Project Based Learning).


ABSTRACT
Research skills are important to build in learning because they can develop students' ability to understand the research process, improve writing and communication skills, and gain experience working collaboratively. This study aims to explore the development of high school students' research abilities in the Kurikulum Merdeka. Researchers approach by way of descriptive qualitative research. The data collection technique used was a review of several literatures (literature study). The results of this study are that the ability to research is a competency to solve problems systematically, following the scientific method, based on facts, and guided by theory. The development of students' research abilities in the Kurikulum Merdeka is the growth of research abilities starting from problem identification, problem formulation, literature search, research design, data collection, data analysis, up to drawing conclusions, and ending with reporting. Several 21st century learning models that can be applied to support and develop research abilities of high school students in the Kurikulum Merdeka are discovery/research based learning models (Inquiry Learning, Discovery Learning), problem solving (Problem Based Learning), and producing works/products (Project Based Learning).

Keywords


Keterampilan meneliti, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Bortnik, B., Natalia, S., Irina, P., Albina, T., & Galina, B. 2017. Effect of virtual analytical chemistry laboratory on enhancing student research skills and practices. Research in Learning Technology Vol. 25, 2017. http://dx.doi.org/10.25304/rlt.v25.1968

Firmadani, F. 2017. Pembelajaran Berbasis Riset Sebagai Inovasi Pembelajaran. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21. Tema: 4 Nomor: 14 Bulan Mei Tahun 2017 Halaman: 262 – 268. ISBN: 978-602-71836-6-7

Hendriarto, U., Agus, M., Nawang, K., Nurul, A., & Aslan. 2021. Understanding the Implications of Research Skills Development Framework for Indonesian Academic Outcomes Improvement. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan. Volume 6, Number 2, December 2021. E-ISSN: 2548- 7892 & P-ISSN: 2527-4449.

Indarta, Y. Nizwardi, J. Waskito, Agariadne, D. S. Afif, R. R., & Novi, H. A. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 3011 – 3024. p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071.https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. 2021. 21st Century Skills: TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. Maknun, D., Ria, Y. G., & Jajang, A. M. 2020. Keterampilan meneliti yang dimiliki mahasiswa prodi pendidikan biologi se-Wilayah III Cirebon. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6 (1), 2020, 39-48 https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.28251

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Research Center, 1(1), 80–86. ttps://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Nurlaelah, I., Ari, W., Sri, R., & Taufik, R. 2021. Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Meneliti Pada Program Riset Autentik. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi Volume 13, Nomor 2, Juli 2021, pp.37-44. p-ISSN 1907-3089, e-ISSN2651-5869. https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga

Prahani, B. K., Deta, U. A., Yasir, M., Astutik, S., Pandiangan, P., Mahtari, S., & Mubarok, H. 2020. The Concept of" Kampus Merdeka" in Accordance with Freire's Critical Pedagogy. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 21-37.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. 2021. Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838.

Roito., E, Rini, S., & Ana, R. W. 2019. Pencapaian Keterampilan Meneliti Abad Ke-21 Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Ekosistem melalui Step-By-Step Model Experiment. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education ISSN 2621-7260 (Online) 2(1): 14-18 homepage: http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi

Symons, S. L., Colgoni, A., & Harvey, C. T. 2017. Student Perceptions of Staged Transfer to Independent Research Skills During a Four-year Honours Science Undergraduate Program. In The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and learning (Vol.8) http://ir.lib.uwo.ca/cjsotl_rcaceahttp://ir.lib.uwo. ca/cjsotl_rcacea/vol8/iss1/6


Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats