Peningkatan Kemampuan Kognitif Elektrokimia dengan Blended Learning Literasi Digital model Project Based Learning

Nurin Fitriana(1*), Any Ikawati(2),

(1) Universitas Wisnuwardhana
(2) Universitas Wisnuwardhana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.56263

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keefektifan metode Blended Learning Literacy Digital (BLLD) dengan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada bidang elektrokimia. Subyek penelitian adalah 30 mahasiswa yang mempelajari mata kuliah teknik kimia di fakultas teknik Universitas Wisnuwardhana Malang. Rancangan penelitian adalah versi kuasi-eksperimental dari pre-tes kelompok. Alat tersebut menggunakan tes dan tanpa tes. Alat uji dianalisis dengan uji normalitas teknik Kolmogorov-Smirnov, uji linear Anova dan uji korelasi dengan program SPSS 26. Instrumen nontest dengan kuesioner menggunakan skala Likert yang dianalisis untuk menghitung frekuensi dan TCR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas sebesar 0,180 memiliki hubungan linier dengan nilai p (0,428) > 0,05 yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan yang didukung oleh nilai tersebut Nilai uji korelasi sebesar 0,382 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,037. Analisis hasil lembar perlakuan menunjukkan frekuensi rata-rata 4,52 dan TCR 83,64 menunjukkan bahwa efek perlakuan metode ini sangat baik. Strategi Blended Learning Digital Literacy (BLLD) sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap materi elektrokimia.

Keywords


Blended Learning, literasi digital, elektrokimia

Full Text:

PDF

References


Dewi, C. A., Awaliyah, N., Fitriana, N., Darmayani, S., Nasrullah, Setiawan, J., & Irwanto, I. (2022). Using Android-Based E-Module to Improve Students’ Digital Literacy on Chemical Bonding. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(22), 191–208. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.34151

Fitriana, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Erudio Journal of Educational Innovation.

Fitriana, N. (2020). BIMBINGAN PRAKTIKUM KIMIA UJI INDIKATOR ALAMI DI SMA NEGERI 1 SINGOSARI. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.37303/peduli.v4i1.161

Fitriana, N., Balol, W., Sunyoto, S., & Aziz, A. S. (2022). Blended Learning Materi Kimia Industri Menggunakan Zoom Meeting. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2934

Fitriana, N., Widayanti, F. D., & Firmanto, B. (2021). Problem Base Learning Virtually In Blended Learning Model for Chemistry Lessons During The Covid-19 Pandemic. JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 9(1). https://doi.org/10.26714/jps.9.1.2021.14-25

Gestira, M., Abdurrahman, & Viyanti. (2021). PjBL-Based Blended Learning Implementation on Energy Topic to Improve the Problem-Solving Skill. Impulse: Journal of Research and Innovation in Physics Education, 1(1). https://doi.org/10.14421/impulse.2021.11-04

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengambangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Blended Learning pada Materi Asam Basa. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3).

Kisworo, B., Cahyani, M. D., & Azizah, D. (2021). tudi Kualitatif Perkuliahan Daring Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pjbl Berbasis Moodle Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Zarah, 9(1).

Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of The ICECRS, 1(3). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1377

Mufarohah, S. L., & Dwiningsih, K. (2018). The Effectiveness of Blended Learning Oriented LKS with POGIL Strategy on High School Chemical Bond Subject. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(2). https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i2.22328

Nada, E. I., & Sari, W. K. (2020). Digital Literacy Analysis of Chemistry Education Students in Using the ChemDraw Application. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 5(3). https://doi.org/10.20961/jkpk.v5i3.46441

Nasir, M., Syarifuddin, S., & Rifa’i, A. (2022). Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran SKI MI Sebagai Penguatan Literasi Digital Mendesain E-Learning Berbasis Blogger Dan Google Form. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1). https://doi.org/10.35931/am.v6i1.874

Prastiwi, M. N. B., Rahmah, N., Khayati, N., Utami, D. P., Primastuti, M., & Majid, A. N. (2017). Studi Kemampuan Literasi Kimia Peserta Didik Pada Materi Elektrokimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 21.

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., & Siahaan, P. (2020). Digital Literacy Test: Development of Multiple Choice Test for Preservice Physics Teachers. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(03).

Sari, D. A. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inquiry pada Materi Elektrokimia terhadap Pemahaman Konseptual, Model Mental dan Sikap Siswa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2). https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i2.9178

Setiowati, H., Harahap, L. K., & Mardhiya, J. (2021). Implementation of The Video Project with Distance Learning on The Basic Chemistry Course. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 6(2). https://doi.org/10.20961/jkpk.v6i2.52000


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats