Peningkatan Hasil Belajar Kimia pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Sinjai melalui Model Problem Based Learning

Abdul Fattah(1*),

(1) MAN 3 Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.56259

Abstract


Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan Model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA.1 MAN 2 Sinjai Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 30 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi tahap-tahap: perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi setiap proses pembelajaran berlangsung dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) Orientasi peserta didik kepada masalah, 2) Mengorganisasi peserta didik untuk belajar, 3) Membimbing peyelidikan individual maupun kelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Pada siklus I, skor rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 77,73 berada pada kategori tuntas tinggi, pada siklus II menjadi 84,93 yang berada pada kategori tuntas sangat tinggi, Aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 33% dan siklus II adalah 54,2% sedangkan hasil belajar peserta didik yang diperoleh pada siklus I adalah 60 % dan siklus II adalah 63,33%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 30,33%.

Keywords


Model pembelajaran, Problem Based Learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Hudoyo, Herman, 2021. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Kimia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hudoyo, Herman, 2020. Strategi Mengajar Belajar IPA. Malang: IKIP.

Ibrahim, Muslimin, Nur, Muhammad, 2020. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA University Press.

Ibrahim, Muslimin, 2021. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Jakarta: Direktorat Jenderal Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Jamil S. 2017. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

MG Jayadiningrat, EK Ati. 2018. Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah melalui model PBL pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia-ejournal. Undksha.ac.id.

Muflihah, 2022. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kimia Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) Pada Siswa Kelas IIB MAN I Makassar. Skripsi : FMIPA UNM.

Narimawati, U, dkk. 2019. Metode Penelitian dalam Implementasi Ragam Analisis. Bandung: Penerbit Andi.

R Hidayah, F Fajaroh. 2021. Pengembangan Model Pembelajaran Collaborative PBL pada Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. Ejournal. Insuriponorogo. ac.id.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi, R, 1998. Kiat Pendidikan Kimia di Indonesia. IKIP: Surabaya

Sudjana, Nana, 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Kimia. Bandung: JICA : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Suradi, 2003. Peranan Kimia dalam Kehidupan Sosial. Makassar: Makalah Yang Disajikan Pada Seminar Nasional Kimia di UNHAS.

Upu, Hamzah, 2003. Problem Posing dan Problem Solving Dalam Pembelajaran. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats