Pengaruh Media Pembelajaran Unocard dalam Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 PAKUE Kabuten Kolaka Utara (Studi pada Materi Pokok Asam-Basa)

Masita Masita(1), Muhammad Anwar(2*), Ramdani Ramdani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.54527

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media unocard dalam model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pakue. Desain penelitian yang digunakan adalah “pretest posttest-only control group design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pakue yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata N-Gain peserta didik kelas eksperimen 0,69 dan kelas kontrol 0,62. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai Zhitung= 2,01 dan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Ztabel = 1,64. Oleh karena itu, Zhitung >Ztabel. Terdapat pengaruh media unocard dalam model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pakue pada materi pokok asam-basa.

Full Text:

PDF

References


Estiani, Wahyu., Arif Widiyatmoko dan Sarwi. 2015. Pengembangan Media Permainan Kartu Uno untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Peserta didik Kelas VIII Tema Optik. Unnes Science Education Journal. 4(1). Hal: 711-719.

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didik terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1). Hal: 81-86.

Kamaluddin, Agus. 2010. Buku Saku Sakti UAN SMA IPA : Kimia, Matematika, Fisika. Yogyakarta: Erlangga.

Mauliya. 2015. Pengembangan pembelajaran geografi melalui media kartu UNO. Jurnal Studi Sosial. 3(2). Hal: :1-13.

Nata, Abuddin. 2009. Prespektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Puspitasari, Daniah Yeyen. 2016. Pengaruh Pembelajaran Konstektual Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Konsep Sistem Koloid. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Parasamnya, Cut Eka., Agus Wahyuni dan Ahmad Hamid. 2017. Upayah Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).JIMPF. 2(1). Hal: 42-49.

Reni, Luthfi. 2015. Kelayakan permainan UNO card sebagai media pembelajaran pada materi pokok struktur atom. UNESA Journal of Chemical Education 4 (2). Hal: 186-194. Rini, Alfadilah Cipta., Albertus Djoko Lesmono dan Alex Harijanto. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Uno Smart Card pada Pokok Bahasan Termodinamika di SMK. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN: 2527 – 5917. Hal: 1-6. Rini, Alfadilah Cipta., Albertus Djoko Lesmono dan Alex Harijanto. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Uno Smart Card pada Pokok Bahasan Termodinamika di SMK. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN: 2527 – 5917. Hal: 1-6.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats