Kuis Tersetting Kahoot pada Model STAD dan Hasil Belajar Redoks Peserta Didik SMAN 1 Tapalang Mamuju

Sugiarti Sugiarti(1*), Netti Herawati(2), Muh. Aqrim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.53443

Abstract


Pelajaran Kimia seperti Redoks masih sangat sulit dipahami peserta didik, itulah sebabnya guru tidak henti-hentinya mencari metode, strategi atau model pada pembelajarannya agar peserta didik mudah mempelajari dan mengingatnya. Sama halnya pada penelitian ini, dilakukan pemberian tes awal materi redoks sebelum pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot!. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu untuk mengetahui pengaruh kuis di awal pembelajaran tersetting Kahoot! pada model STAD terhadap hasil belajar peserta didik. Metode Penelitian adalah quasy experiment dengan pendekatan kuantitatif dan desain posttest-only control group. Populasinya empat kelas berjumlah 172 orang. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 2 yang berjumlah 29 orang dan kelas kontrol adalah X MIPA 3 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasilnya sebesar 79,43 untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 68,04. Hasil analisis Inferensial menunjukkan Zhitung>Ztabel = 2,23>1,64 yang berarti ada pengaruh kuis di awal pembelajaran tersetting Kahoot! Pada model STAD terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Tapalang Mamuju.

Keywords


Kuis, Kahoot!, Model STAD, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Asri, Z. 2010. Microteaching. Jakarta: Grafindo Persada.

Dewi, C.K. 2018. Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Lampung (ID): Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ekawati, S. 2016. Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Pedagogy, 1(2), 119-130.

Nurfahraini, dkk. 2020. Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Gowa (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga), Jurnal Chemica, 21(2), 219-227.

Pello, A. 2018. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kahoot untuk Topik Persamaan Kuadrat pada Peserta didik Kelas X SMA IPH 2 Surabaya. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 89-100.

Rusman. 2011. Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Propesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Side, S., dkk. 2017. Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran pada Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Parepare (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia), Jurnal Chemica, 18(1), 26-34.

Subana. 2005. Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABET.

Surasmin, N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Keefektifan dan Hasil Belajar Kimia Materi Redoks melalui Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2018/2019, Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 12-20.

Trisna, I.K.,dkk. 2017. Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 60-64.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats