Pengaruh Metode Two Stay Two Stray dalam Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Maros (Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit)

Mukarramah Mukarramah(1), Muharram Muharram(2*), Netti Herawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.53014

Abstract


Penelitian ini merupakan penilitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode two stay two stray dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Maros pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Maros yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen yang masing-masing berjumlah 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 78,48 lebih tinggi dibandingkan nilai ratarata hasil belajar kelompok kontrol yang hanya sebesar 73,80. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi data hasil belajar dari kedua kelompok tidak terdistribusi normal. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dengan α = 0,05 diperoleh Zhitung > Ztabel (6,98 > 1,64). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode two stay two stray dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Maros pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Keywords


metode Two Stay Two Stray, model Discovery Learning, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit.

Full Text:

PDF

References


Anwas, O. M. 2013. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik. Vol. 17, No. 1.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Gayatri, Erva Rosa Prima., Amrul Bahar., dan Dewi Handayani. 2017. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) dan Two Stay Two Stray. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, Vol. 1, No. 1,

ISSN: 2252-8075.

Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Vol. 2, No. 1.

Rosa, Novrita Mulya. 2012. Pengaruh Sikap Pada Mata pelajaran Kimia dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Formatif, 3(2):218-226. ISSN: 2088-351X.

Sahnam. 2021. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam

Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMA Negeri 1 Praya Barat. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 6, No. 2. E-ISSN :2656-1417.

Surianto, Muhammad Akhyar, dan Joko Nurkamto. 2014. Penerapan dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) pada Mata DiklatTeknik Mesin Di SMK Muhammadiyah Sumowono. Jurnal Teknologi, 2(2) :199-210. ISSN: 2354-6411.

Ulfa, Rufia., & Benedictus, K. 2016. Peningkatkan Motivasi Dan Hasil BelajarMatematika Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa KelasVIII C MTs Darul Qur’an Wonosari. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4, No.2.

Yunianti, A. (2018). Hubungan Antara Keaktifan Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri. Karya tulis Ilmiah. Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats