Pengaruh Metode Team Quiz Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sumarorong

Muhammad Jasri Djangi(1*), Netti Herawati(2), Selyndion Ayundi Thumo(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.51904

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode team quiz pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sumarorong. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sumarorong yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga Kelas X MIA I sebagai kelompok Eksperimen dan kelas X MIA II sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 32 dan 35 orang. Teknik Pengumpulan data adalah memberi tes akhir hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dimana hasil yang diperoleh untuk kelompok eksperimen terdapat 24 peserta didik masuk dalam kategori tuntas dengan persentase 75% dan untuk kelompok kontrol terdapat 23 peserta didik masuk dalam kategori tuntas dengan persentase 65,71%. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskripitif dan statistik inferensial. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dimana Zhitung = 1,82, pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh nilai Ztabel = 1,64, dengan demikian disimpulkan ada pengaruh metode team quiz pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Sumarorong pada materi reaksi reduksi dan oksidasi.

ABSTRACT
This research is a quasi-experimental research which aims to determine the effect of the team quiz method on the discovery learning model on the learning outcomes of class X MIA students of SMA Negeri 1 Sumarorong. The research design used was posttest only control group. The population in this study were students of class X MIA SMA Negeri 1 Sumarorong which consisted of two classes. The sampling technique used simple random sampling so that Class X MIA I as the Experiment group and class X MIA II as the control group, respectively 32 and 35 people. The data collection technique was to provide a final test of learning outcomes in the experimental groub and the control groub, where the results obtained for the experimental groub were 24 students in the complete category with a percentage of 75% and for the control groub there were 23 students in the complete category with a percentage of 65,71%. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. Hypothesis testing using the Mann-Whitney test where Zcaculated = 1.82, at the significant level α = 0.05, the value of Ztable = 1.64 was obtained, thus it was concluded that there was an effect of the team quiz method on the discovery learning model on the learning outcomes of class students X MIA SMA Negeri 1 Sumarorong on reduction and oxidation reaction material.

Keywords


Team Quiz, model discovery learning, hasil belajar, reaksi redoks.

Full Text:

PDF

References


Cholid, Muhammad Ibnu. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Quis Kelompok (Team Quiz And Student Instructor) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Pengendali Elektromagnetik di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik elektro. Vol. 4, No. 2.

Handoyo, Puguh. 2004. Peningkatan Hasil Belajar Materi Luas Bangun datar Melalui Model Kooperatif STAD dan Kuis Pada Siswa Kelas VI SDN Rangkah VI Surabaya. Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. ISSN 2337-3253.

Hermanto, Bambang., & Eny Winaryati. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Dengan Variasi Steam Quiz Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Struktur Atom. Seminar Nasional Edusainstek. ISBN : 978-602-5614-35-4.

Jurianto. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X.B Sma Negeri 1 Indralaya Selatan Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tim Kuis. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. Vol 2, No.1.

Maisaroh & Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di Smk Negeri 1Bogor. Jurnal Ekonomi dan pendidikan. Vol. 8, No. 2.

Sudarto, 2016. Metodologi Penelitian. Makassar : Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM.

Tarigan, Octapin A., dkk. 2016. Penerapan Model Active Learning Type Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. Vol. 3, No. 1.

Wulandari, Yessi., dkk. 2017. Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika.Vol. 2, No.2


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats