Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 19 Gowa Pada Materi Pokok Asam Basa Dengan Menggunakan Three- Tier Multiple Choice

Harlin Asis(1), Halimah Husain(2*), Sugiarti Sugiarti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.51900

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi pokok asam basa. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 19 Gowa pada tahun 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes diagnostik three-tier multiple choice dan wawancara. Hasil tes diagnostik three-tier multiple choice diperoleh nilai rata-rata paham paham konsep 47,10%, tidak paham konsep 25,83%, miskonsepsi 21,67%, dan error 5,42%, dan dari hasil wawancara diketahui bahwa masih ada jawaban yang diberikan tidak sesuai dengan hasil tes diagnostik. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi asam basa dikategorikan kurang berdasarkan kriteria pendeskripsian tingkat pemahaman konsep yaitu 46%-55%.

ABSTRACT
This research aims to analyz the level of understanding concept of student of class XI SMA 19 Negeri Gowa in academic year of 2017/2018. Data was collected by observation sheet, three-tier multiple choice diagnostic tests and interviews. Results of the three-tier multiple choice diagnostic test value of understanding the concept of 47.10%, do not understand the concept of 25.83%, misconception of 21.67%, and error 5.42% and from result of interviews it is known that there are still answers given not in accordance with the results of diagnostic tests.Result of this research indicate the level of students' conceptual understanding of acid-base material was categorized as low based on the criteria for describing the concept level of understanding, about 46% -55%.

Keywords


Pemahaman Konsep, Three-Tier Multiple Choice, Asam Basa

Full Text:

PDF

References


Chandrasegaran, A.L. . 2007. The development of a two-tier multiplechoice diagnostic instrument for evaluating secondary school students’ ability to describe and explain chemical reactions using multiple levels of representation. Chemistry Education Research and Practice. 8(3): 293-307.

Dahar, Ratna Wilis dan Liliasari. 2000. Interaksi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dindar, A. C., & Geban, O. 2011. Development of a three-tier test to assess highschool students’ understanding of acids and bases. Procedia Social andBehavioral Science, 15

Ekawati, I.H. 2015. Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Terhadap Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Instrumen Tes Three-tier Multiple Choice Diagnostic. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

Hasan, Saleem. 1999. Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Bandung: Journal of Phys. Educ. Vol. V.

Natalin, Karolin. 2016. Miskonsepsi Pada Pentelesaian Soal Aljabar Siswa Kelas VIII Berdasarkan Proses Berpikir Mason. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Vol 1

Paul, Suparno. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo

Rohmawati, Laily dan Suyono. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Asam dan Basa di KelasXI IA SMAN 2 Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa, Februari 2012.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats