Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quick Response (QR) Code Pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon

Askar Askar(1), Army Auliah(2*), Hardin Hardin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.48295

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media QR Code sebagai media pembelajaran pada materi pokok senyawa hidrokarbon. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan untuk kevalidan yaitu lembar validasi untuk ahli media dan materi, kepraktisan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, Angket respon guru, Angket respon peserta didik, dan keefektifan yaitu tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: (1) kevalidan media QR Code berdasarkan ahli media dan materi, masing-masing sebesar 3, 63 dan 3,69 yang termasuk dalam kategori sangat valid, (2) kepraktisan media QR Code berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran, Angket respon guru, dan peserta didik berturut-turut sebesar 96,2%, 97,3% dan 88% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, sehingga dinyatakan layak digunakan dari segi kepraktisannya (3) keefektifan media QR Code berdasarkan hasil belajar yang mencapai ketuntasan kelas sebesar 87,8% sehingga termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Quick Response (QR) Code pada materi pokok senyawa hidrokarbon yang dikembangkan dengan model ADDIE dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

ABSTRACT

This research is research and development which aims to determine the level of validity, practicality and effectiveness of QR Code media as a learning medium on the subject matter of hydrocarbon compounds. This development refers to the ADDIE development model. The instrumens used for validity were validation sheets for media and material experts, practicality, namely learning implementation observation sheets, teacher response questionnaires, student response questionnaires, and effectiveness, namely learning achievement tests. The results of this study are: (1) the validity of the QR Code media based on media and material experts, respectively 3, 63 and 3.69 which are included in the very valid category, (2) the practicality of the QR Code media based on the observation of learning implementation, response questionnaire teachers, and students respectively 96.2%, 97.3% and 88% which are included in the very high category, so that it is declared feasible to use in terms of practicality (3) effectiveness of QR Code media based on learning outcomes that achieve class mastery of 87.8% so that it is included in the effective category. Based on these data, it was concluded that learning media based on the Quick Response (QR) Code application on the subject matter of hydrocarbon compounds developed using the ADDIE model were stated to be valid, practical, and effective for use in learning.

Keywords


ADDIE, Media, QR Code

Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh. 2013. Penelitian Pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arab Okara: Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol II. No 2.

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Axelino dan Syafri A. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis QR Code pada Materi Volume Bangun Ruang dan Perpangkatan serta Penarikan Akar Pangkat Tiga terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies. ISSN: 2656-6702. Vol.4 No. 1.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Gunawan, Yosi I. P. & Asep A. 2021. Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Madaniyah. ISSN (printed) : 2086-3462. ISSN (online) : 2548-6993. Vol.11. No.2.

Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. Vol 4. No 2.

Hardin, dan Sumiati S. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Kimia Fisik Berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) yang Valid, Praktis, dan Efisien. Seminar Nasional LP2M UNM. ISBN: 978-602-5554-71-1.

Hayati, S., Agus S. B., dan Erfan H. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan HasilBelajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015. Vol. 4.

Japa, I.G.N. 2012. Pengembangan Buk Ajar Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Pemecahan Masalah Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 46. No.2.

Kurnia, Tia D., Cica L., Habibah F., & Agus T. 2019. Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. Prosiding Seminar Nasinal Pendidikan Matematika (SNPM). Vol.1.No.1. 516-525.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Martianingtiyas, Estri D. 2019. Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/335227473

Molnar, G. 2015. New ICT Tools in education- Classroom of the future project. 36(30). 1-9.

Muammar & Suhartina. 2018. Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Aqidah Akhlak. KURIOSITAS Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan. ISSN 1979-5572 (print), ISSN 2541-6480 (online). Vol.11.No. 2. 176-188.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press

Munadi, Yudhi. 2013. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nafisah, Durrotum dan Abd. G. 2020. Pengembangan media pembelajaran scan barcode berbasis android dalam pembelajaran IPS. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. Vol.1.No.2.

Pandanwangi, Nadia A., Kristin, Firosalia., Anugraheni, Indri. 2019. Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa pada Peserta didik Kelas 3 SD. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 5 No 2. Universitas Kristen Satyawacana Salatiga.

Purba, R.A., dkk. 2020. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Sadiman, A., 2011. Media Pembelajaran : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Grafindo Persada.

Safei. 2013. Teknologi Pembelajaran: Pengertian , Pengembangan dan Aplikasinya. Makassar: Alauddin University Press.

Sohilait, Emy. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: CV Cakra.

Sudjana, Nana dan A. A. R. 2011. Media Teaching. Bandung: New Light.

Sukmawati dan Jamaluddin. 2020. Implementasi pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online. ISSN: 2354-614X. Vol. 8. No.3.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Syahbana, A. 2012. Pengembangan Peran gkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Peserta didik SMP. Junal Edumatica. Vol. 2. No. 2.

Trisnasari, Damayanti. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Modul Interaktif Mata Kuliah Dekorasi Penyajian di Jurusan PKK FT UNM. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana. X-ISBN No. 979-545-0270-1


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats