Pengembangan Booklet Sistem Periodik Unsur sebagai Media Pembelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 7 Wajo

Khuznul Khotimah(1), Halimah Husain(2*), Ramdani Ramdani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.48288

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan booklet sistem periodik unsur sebagai media pembelajaran kimia yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis (tahap analisis), design (tahap perancangan), development (tahap pengembangan), implementation (tahap implementasi), dan evaluation (tahap evaluasi). Instrumen yang digunakan untuk kevalidan yaitu lembar validasi untuk ahli media dan materi, kepraktisan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik, dan keefektifan yaitu tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: (1) kevalidan dari ahli media sebesar 3,87 dan ahli materi sebesar 3,62 yang termasuk dalam kategori sangat valid, (2) kepraktisan dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 96,4%, 84,5% dan 91% yang termasuk dalam kategori sangat praktis, (3) keefektifan dari tes hasil belajar yang mencapai ketuntasan kelas sebesar 86,1% sehingga termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa booklet sistem periodik unsur yang dikembangkan dengan model ADDIE dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Pengembangan; ADDIE; Booklet

Full Text:

PDF

References


Azizah, Nilna Nur., Fathul Niam., Aang Yudho Prastowo. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Benda di Sekitar untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar. Patria Education Journal. 2(1).

Balai Pustaka. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fitria, Annisa Dwi Fitria., Muh. Khalifah Mustami., Ainul Uyuni Taufiq. 2017. Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. AULADUNA Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4(2).

Irwan, Irwan., Muhammad Asrori., Aloysius Mering. 2017. Pengembangan Media Booklet dalam Pembelajaran Ikatan Kimia Pada Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas. JPPK, Vol 6 (12).

Kustandi, Cecep., Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Mawarni, Ika. 2017. Deskripsi Kesalahan Siswa SMAN 3 Pontianak Dalam Menyelesaikan Soal Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur. Pendidikan KKmia, 10.

Masrifah Siti., Dwi Putri Musdansi., Jumriana Rahayuningsih. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI IPA (SMA Negeri 1 Benai). JOM FTK UNIKS, Vol 2 (1).

Puspita, Avisha., Arif Didik Kurniawan., Hanum Mukti Rahayu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, Vol 4 (1).

Suardi, Moh. 2018. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Syahbana, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP. Junal Edumatica. Vol. 2. No. 2.

Widyawati, A., & Projosantoso, A. K. 2015. Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol 1.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats