Keefektivan Model Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMA KARTIKA XX-1 Makassar. (Studi Pada Materi Laju Reaksi)

Abdi Dzuljalaali BS(1), Jasri Djangi(2*), Jusniar Jusniar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.47805

Abstract


Penelitian deskriprif ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan penggunaan media Quizizz berbantuan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok laju reaksi. Penelitian ini melibatkan satu kelas yang diajar menggunakan model Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi yang bertujuan untuk mengetahui Keefektivan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA KARTIKA XX-1 MAKASSAR. Desain penelitian yang digunakan the one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan menggunakan teknik random (acak) karena populasi diasumsikan homogen, tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Kelas XI MIPA 3 sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan N-Gain. Hasil analisis statistik diperoleh rata-rata hasil belajar pretest yaitu 59,28 dan postest yaitu 88,17.. Hasil analisis nilai gain ternormalisasi peserta didik yang datanya diambil dari hasil pretest dan posttest dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model Discovery Learning berbantuan medai Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok laju reaksi. Hasil N-gain yang diperoleh yaitu 0,62 artinya penggunaan Model Discovery Learning berbantuan Media Quizizz efektif pada kategori sedang.

Keywords


discovery learning, quizizz, laju reaksi

Full Text:

PDF

References


Citra, C.A. dan Rosy, B. 2020. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8(2): 261-272.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Meltzer, D.E. 2002. Hubungan Antara Kinerja Pemecahan Masalah Siswa dan Format Representasi. American Journal of Physic. Vol. 73. No.5.

Mulyasa. ( 2004). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Putrayasa, I., Syahruddin, H. & Margunayasa, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa, II(1), hlm 1-11.

Noor, Tajuddin. (2018). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan. Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Karawang: Universitas


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats