PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGAKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIASISWA KELAS XII- MIPA 1 SMA NEGERI 7 SINJAI

Irsyam Irsyam(1*),

(1) SMA Negeri 7 Sinjai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.46191

Abstract


ABSTRAK
Ilmu kimia sangat penting kedudukannya karena berada dalam kehidupan sehari-hari. Kimia adalah satu mata pelajaran yang mempelajari materi dan perubahan yang terjadi di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe Jgsa Tipe Jigsaw dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok materi kimia unsur di kelas XII IPA’1 SMA Negeri 7 Sinjai. Penelitian ini dilaksanakan bulan Oktober-November 2022. Subjek penelitian siswa kelas XII IPA’1 SMA Negeri 7 Sinjai berjumlah 27 orang. Setelah diadakan tindakan pada siklus I dan siklus II, maka ketercapaian KKM KD setelah diadakan ulangan harian menjadi 78,14 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,10%. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII-MIPA’1 SMA Negeri 7 Sinjai pada materi kimia unsur dengan kompetensi dasar memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan, dan bahayanya serta terdapatnya di alamdapat ditingkatkan dengan mengaplikasikan penugasan tugas membaca buku pelajaran terkait dengan materi yang akan dipelajari sebelum mereka masuk di kelas.

ABSTRACT
Chemistry is very important position because it is in everyday life. Chemistry is a subject that studies matter and the changes that occur in it. This research includes classroom action research, namely the existence of actions to solve problems that occur in class practically and effectively. This study aims to describe the use of the Jgsa type Jigsaw cooperative learning model in increasing student learning activities and outcomes on the subject matter of elemental chemistry in class XII IPA'1 SMA Negeri 7 Sinjai. This research was conducted in October-November 2022. The research subjects were 27 students in class XII IPA'1 at SMA Negeri 7 Sinjai. After the actions were held in cycle I and cycle II, the KKM KD achievement after daily tests was held to be 78.14 with classical completeness of 93.10%. The results showed that the application of the Jigsaw Type learning model could increase the activity and learning outcomes of class XII-MIPA'1 students of SMA Negeri 7 Sinjai in elemental chemistry with the basic competence of understanding the characteristics of important elements, their uses, and their dangers and their presence in nature could be increased by apply assignments to read textbooks related to the material to be studied before they enter class.

Full Text:

PDF

References


Anita Lie, 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Arikunto,Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rhineka Cipta, Edisi revisi.

Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Ditjen, Dikdasmen, Depdiknas.2004. Sistem Penilaian Kurikulum 2004. Jakarta

Emildadiany, Novi, 2008. Cooperative Learning – teknik Jigsaw (Online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/31/cooperative-learning-teknik-jigsaw.html, Diakses 16 Juli 2017).

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006

Purba, Michael. 2008. Kimia Untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mangajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sumiati dkk, 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Syaiful Sagala. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII.IPA.1 SMAN 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Perpustakaan SMAN 5 Sidrap.


Article Metrics

Abstract view : 72 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats