Pengaruh Pemberian Tugas Rumah dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Makassar (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia)

Isnawati Isnawati(1), Taty Sulastry(2*), Muhammad Danial(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.46190

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok ikatan kimia. Sampel penelitian ini adalah kelas X10 untuk kelas eksperimen dan kelas X7 untuk kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 36 orang. Siswa pada kelas ekperimen diberikan tugas rumah (resume) dan siswa pada kelas kontrol tidak diberikan tugas rumah (resume). Pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 74.66 dan kelas kontrol sebesar 67.44 dengan standar deviasi berturut-turut adalah 9.64 dan 10.72. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung > ttabel = 2.95> 1.67, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian tugas rumah (resume) dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar pada materi pokok ikatan kimia.

ABSTRACT
The research was a quasi-experimental that aimed to know the effects of giving a homework in cooperative learning model type numbered heads together toward student’s achievement grade X SMAN 11 Makassar education year 2015/2016 study on chemical bonding. The samples are class X10 for experiment class and class X7 for control class which consist of 36 students in each class. Giving a homework in cooperative learning model type numbered heads together in class experiment and without giving a homework in cooperative learning model type numbered heads together in control class. Data collection technique is obtained from toward student’s achievement which consists of 20 multiple choice items. The data analysis technique used are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The descriptive analyze showed the average value of experiment class is 74.66 and control class is 67.44 with deviation standard in a raw is 9.64 and 10.72. The hypothesis test using t test shows that tcalculated > ttable = 2.95 > 1.67, so it can be concluded giving a homework in cooperative learning model type numbered heads together positive effected toward student Achievement grade X SMAN 11 Makassar on the topic of chemical bonding.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatitf. Surabaya: UNESA- University Press

Karlinda, D. 2014. Pengaruh Pemberian Tugas Rumah dan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VII SMP Negeri 22 Padang. (Skripsi Universitas Negeri Padang)

Purwaningsih. 2013. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) dengan Media Roda Impian Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem periodik unsur kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Purwantoro. Jurnal pendidikan kimia. Vol. 2. No. 2. Hal 66-74.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats