Perbandingan Hasil Belajar pada Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Pembelajaran Problem Solving Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Bulukumba Pada Materi Pokok Termokimia

Kamsia Kamsia(1), Muhammad Anwar(2*), Taty Sulastry(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.46118

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Bulukumba yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran Problem Solving. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran Problem Solving, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi termokimia. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 62 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa 31 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes berupa tes akhir (posttest). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah adalah 68.89 dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving adalah 63.24. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai ttabel = 2.00, pada taraf signifikansi 0.025 dengan dk 12.16 diperoleh thitung = 1.94. Oleh karena –t ( α, dk) ≤ thitung ≤ +t( α,dk), maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Solving ditinjau dari hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Bulukumba pada materi pokok termokimia.

ABSTRACT
This research is an experimental research with quasi experimental which aims to know the difference of learning outcomes of XI grade students of SMAN 12 Bulukumba between those who learned by Problem-based Learning model and those who learned by Problem Solving learning model. The independent variables in this research are Problem based learning model and Problem Solving Learning Model, whereas the dependent variable is the learning outcomes of students on Thermochemistry. The research design used is Posttest-Only Design. The population of the research is the students of XI IPA that consists of 62 students divided into 2 classes. The sampling technique is random sampling. The sample of this research consists of 2 classes, those are XI IPA 1 as the 1st experimental class which consists of 31 students and class XI IPA 2 as the 2nd experimental class which consists of 31 students. The data result of the research obtained by giving final test (posttest). The data obtained then analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics. The result of data analysis shows that the average of students learning outcomes in problem based learning model is 68.89 and in problem solving learning model is 63.24. The result of hypothesis testing by using t-test is shown by ttable = 2.00, with 0.025 and dk 12.16, then it obtains the score of tcount = 1.94. Thus, -t ( α, dk) ≤ tcount ≤ + t ( α, dk). So, H0 is accepted and H1 is rejected. This result shows that there is no difference in learning outcomes of students of XI IPA SMAN 12 Bulukumba on Thermochemistry as the subject matter thought by problem based learning model and problem solving learning model.

Keywords


Berbasis Masalah, Problem Solving, Hasil Belajar, Termokimia

Full Text:

PDF

References


Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Djamarah, S. B. & Zain, A. 2010. Strategi belajar mengajar. Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Komariah, K. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. Jurnal Pendidikan, Volume 1.

Sugita, N. T. H, Ashadi, & Mohammad, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA NEGERI 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JKP), Vol. 5 No. 2.

Tosun, C. & Yavus, T. 2013. The Effect of Problem-based Learning on Undergraduate Student’s Learning About Solutions and Their Physical Properties and Scientific Processing Skills. Journal of Chemistry Education Research and Practice, Volume 14.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yokhebed, Suciati Sudarisman, and Widha Sunarno. 2012. Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Inkuiri, Volume 1, No. 3.


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats