Pengaruh Media Gambar Berantai pada Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Luwu Timur (Studi Pokok Ikatan Kimia)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.46109
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berantai pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Luwu Timur. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar berantai dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing. Variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi ikatan kimia. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Mia SMAN 2 Luwu Timur yang berjumlah 295 peserta didik yang tersebar dalam 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA5 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik masing – masing sebanyak 25 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok laju ikatan kimia berupa pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil perhitungan N-gain menunjukkan pada kelas eksperimen diperoleh 0,641 dan kelas kontrol 0,320. Setelah pengujian hipotesis dengan uji t menghasilkan t_hitung (2,097)> t_tabel (1,943) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media gambar berantai pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Luwu Timur dalam materi pokok ikatan kimia.
ABSTRACT
The research is a quasi-experimental that aimed to know the influence of series picture learning media in guide inquiry learning model to learning outcome of student in X exact class of SMAN 2 Luwu Timur. The independent variable in this experiment was the series picture mediain guide inquiry learning model and the dependent variable were the student’s learning outcome on chemichal bonding subject matter. The population was X Exact class of SMAN 2 Luwu Timur consisted of two classes, namely X Exact3 class as an experiment group and X Exact 1 class as a control group with 25 students in each classes. Taking technique of sample was a simple random sampling. The data of the research was learning outcome test of reaction rate subject matter for pre-test and post-test which were analyzed by using t-test. The result of N-gain was in experiment class 0,641 and in control class 0,320. The result of hypothesis was t_calculated (2,097)> t_table (1,943). So, it can be concluded that there is an effect of series picture in guide inquiry learning model to learning outcomes of student in X class of SMAN 2 Luwu Timur on chemical bonding subject matter.
Full Text:
PDFReferences
Goh, K and Chia. 1993. Some Misconception in Learning Chemistry. Australian Science Teacher Journal Vol 39 (3), 65-68.
Retnosari, Nila. 2016. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri di bojonegoro”. Pendidikan Biologi Pascasarjana-Universitas Negeri Malang
Sadia, I.W. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivitik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yuswanti, R. 2013. Pengunaan Media Gambar Berantai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. E-Journal Pendidikan. Vol. 1 No 5 Tahun 2013.
Article Metrics
Abstract view : 88 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats