Pengaruh Media Animasi pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Representasi Level Mikroskopik Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makassar ( Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia )

Rika Indrawati(1), Ramlawati Ramlawati(2*), Jusniar Jusniar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.46100

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media animasi pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap representasi level mikroskopik siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar tahun pelajaran 2014/2015 pada materi pokok ikatan kimia. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 9 Makassar yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 132. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas X.MIA 3 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.MIA 4 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan media animasi pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan memberikan tes representasi level mikroskopik pada materi pokok ikatan kimia berupa pretest dan posttest. Hasil analisis statistik inferensial dengan uji prasyarat menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan berasal dari varian yang homogen. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,90 > ttabel = 1,670. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media animasi pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap representasi level mikrokopik siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar pada materi pokok ikatan kimia.

ABSTRACT
This research is quasi-experimental research whose purpose is to know the effects of animation in cooperative learning model type STAD on representation level microscopic of students class X MIA of SMA Negeri 9 Makassar, academic year 2014/2015, in chemical bounds subject matter. Research design used in this research is pretest-posttest control group design. The population of this research is all of students class X MIA of SMA Negeri 9 Makassar which are consist of 4 classes. Sample is randomly taking. The class that is choosen to be research sample is students of class X MIA 3 with 34 students as experimental class and class X MIA 4 with 33 students as control class. The experimental class is taught by animation in cooperative learning model type STAD, whereas the control class is taught by cooperative learning model type STAD. Data is collected by giving representation level microscopic test in chemical bounds subject matter in the pretest and posttest. This statistics test shows that data is normal and homogenous. The hypothesis test with α = 0,05 given t-test thitung = 1,90 > ttabel = 1,670. So it can be concluded that animation in cooperative learning model type STAD give an effect for the representation level microscopic of students class X of SMA Negeri 9 Makassar in chemical bonding subject matter.

Keywords


Media animasi, STAD, representasi level mikroskopik, ikatan kimia.

Full Text:

PDF

References


Gilbert, John. 2008. Models And Modeling In Science Education Multiple Representations In Chemical Education. Ukraina : The University of Reading.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Slavin E, Robert. 2008. Cooperative Learning. Teori Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats