Pengaruh Media Chem-Card Pada Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa (Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur)

Nurliza Prihatmi(1), Pince Salempa(2*), Muhammad Jasri Djangi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.46099

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media chem-card pada model pembelajaran Discovery terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok sistem periodik unsur. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Gowa semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Gowa yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas X MIA3 sebagai kelompok eksperimen dan X MIA4 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan media chem-card pada model pembelajaran discovery dan kelompok kontrol yang dibelajarkan tanpa menggunakan media chem-card pada model pembelajaran discovery. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media chem-card pada model pembelajaran discovery dan tanpa media chem-card pada model pembelajaran discovery sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan memberikan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran. Analisis statistik inferensial menggunakan uji mann whitney dengan α = 0,05 diperoleh Zhitung > Ztabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media chem-card pada model pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Gowa pada materi pokok sistem periodik unsur.

ABSTRACT
This study aims to determine the Effect of Chem-Card Media in Discovery Learning Model towards Motivation and Learning Outcomes of Class X MIA Students of SMAN 1 Gowa on the Elements' Periodic System subject. The research was conducted on class X MIA SMAN 1 Gowa consisting six classes on odd semester in 2018/2019 school year as population. The research design using post-test only control group design. The Class X MIA3 as the experimental group and X MIA4 as the control group that selected by sampling randomly. The experimental group was taught by discovery learning models using chem-card media and control groups was taught by discovery learning models without using chem-card media. The independent variable in this study were discovery learning models using chem-card media and discovery learning models without chem-card media. While the dependent variable was learning motivation and outcomes of students. Data collection techniques were by giving a motivation learning questionnaire and tests of students' learning outcomes after learning process. Inferential statistical analysis using the Mann Whitney test with α = 0.05 produced Zhitung> Z table. This shows that there is an Effect of Chem-Card Media in Discovery Learning Model towards Motivation and Learning Outcomes of Class X MIA Students of SMAN 1 Gowa on the Elements' Periodic System (EPS) subject.

Keywords


Discovery learning, chem-card, SPU

Full Text:

PDF

References


Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar- Dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemendikbud.

Putrayasa, I Made, Syahruddin dan I Gede Margunayasa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 2.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats