Penerapan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Materi Titrasi Iodimetri

Alin Hidayati(1*), Muhammad Anwar(2), Ruhmah Muhajir(3),

(1) SMKN 1 Tuban
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMK SMTI Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.45158

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran di kelas XI APL SMKN 1 Tuban tahun ajaran 2022/2023. Tahapan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah, menentukan akar dan solusi dari permasalahan. Dari tahapan tersebut, dirumuskan bahwa akar permasalahan yang terjadi adalah rendahnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Dan solusi untuk meningkatkannya adalah penerapan metode praktikum menggunakan model Discovery Learning (DL) dengan pendekatan TPACK-Saintific. Hal ini sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21 yang menekankan pada tumbuhnya kreatifitas dan kemampuan berfikir kritis dari peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Sedangkan untuk mengetahui hubungan peningkatan keaktifan dengan pemahaman peserta didik, dilakukan beberapa tes yaitu pre test, post test dan ulangan harian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pada siklus 1 dan 2 adalah 67,3% dan 85%. (2) Peningkatan keaktifan dalam pembelajaran berdampak positif terhadap pemahaman peserta didik yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai ulangan harian yaitu dari 69,3 menjadi 83,3. Ketuntasan belajar peserta didik juga meningkat pada ulangan harian sebelum dan sesudah pembelajaran yaitu dari 34,5 % menjadi 82,8%. Dengan demikian, penerapan metode praktikum dengan model Discovery Learning (DL) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan yang berdampak pada peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi Titrasi Iodimetri.

ABSTRACT - This research was conducted to solve learning problems in class XI APL SMKN 1 Tuban in the 2022/2023 academic year. The stages in this research are identifying problems, determining the roots and solutions of problems. From these stages, it is formulated that the root of the problem that occurs is the low activity of students in learning. And the solution to improve it is the application of the practicum method using the Discovery Learning (DL) model with the TPACK-Scientific approach. This is in accordance with the demands of 21st century learning which emphasizes the growth of creativity and critical thinking skills of students. Data collection is done by observation technique. Meanwhile, to find out the relationship between increased activeness and student understanding, several tests were carried out, namely the pre test, post test and daily tests. The results of this study indicate that: (1) The activeness of students in learning in cycles 1 and 2 is 67.3% and 85%. (2) Increased activeness in learning has a positive impact on students' understanding as indicated by an increase in the average daily test score, from 69.3 to 83.3. The learning completeness of students also increased in daily tests before and after learning, from 34.5% to 82.8%. Thus, the application of the practicum method with the Discovery Learning (DL) model can increase the activity of students and which has an impact on increasing students' understanding of the material of Iodimetric Titration..

Keywords


Titrasi Iodimetri, Praktikum, Discovery Learning, Saintifik-TPACK

Full Text:

PDF

References


Simarmata, dkk, (2020), Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan, Yayasan Kita Menulis, 3-14.

Kaharudin A., Hajeniati N., (2020), PEMBELAJARAN INOVATIF & VARIATIF Pedoman untuk Penelitian PTK dan Eksperimen, Pusaka Al Maida, Gowa, 2 -5.

Sartunut, (2021), Discovery Learning Solusi Jitu Ketuntasan Belajar, P4I, Lombok Tengah, 43 -44.

Kalsum, (2022), Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penerapan metode eksperimen untuk Meningkatkan aktifitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator Pada Siswa Kelas VI SDN 002 Bengkong Tahun Pelajaran 2021/2022, RFM Paramedia, Jember, 12 -13.

Mirdanda, A., (2019), Mengelola Aktifitas Pembelajaran di Sekolah Dasar, PGRI Provinsi Kalbar, 6 -13.

Handayani W., dkk., (2022), Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar OperasiTeknik Kimia, Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 2 (1) pp. 117 -124.

Malawi I., dkk, (2019), Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu, AE Media Grafika, Magetan, 103 -104.


Article Metrics

Abstract view : 134 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats