Pengaruh Pemberian Tugas Mind Mapping pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 5 Luwu Timur (Studi pada Materi Struktur Atom)

Magfirah Mawaddah(1), Muh Yunus(2*), Muhammad Syahrir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i3.43632

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Tugas Mind Mapping pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Struktur Atom Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 5 Luwu Timut. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 5 Luwu Timur dengan jumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 79,26 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 76,50. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelompok eskperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Data hasil analisis memperlihatkan bahwa Zhitung (1,67) > Ztabel. (1,64). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian tugas Mind Mapping pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar struktur atom peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 5 Luwu Timur.

Keywords


Mind Mapping; model Discovery Learning; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Afrianis, Neti dan Laura Ningsih. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan. Vol.6. No.2. ISSN 2549-1679.

Aryana, Ida Bagus Putu. 2007. Pengembangan Peta Pikiran untuk Peningkatan Kecakapan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. Hal: 670-683.

Apriyanto,. Dody., Sri, M dan Elfi, S. 2014. Pengaruh Metode Pembelajara Mind Mapping dan Kemampuan Memori Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia pada Peserta Didik Kelas X Semester Gasal Di SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JKP). Volume 3. Nomor 3. ISSN 2337-9995.

Ahsyhuri, A B., Maridi dan Slamet S. 2017. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Metode Concept Maps dan Mind Maps terhadap Penguasaaan Konsep Biologi Siswa SMA. Proceeding Biology Education Conference. ISSN: 2528-5742. Volume 14. Nomor 1.

Bobbi, Deporter. 2011. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Buzan, Tony. 2007. The Ultimate Book of Mind Mappings. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Darmadji, Ahmad. 2014. Ranah afektif dalam evaluasi pendidikan agama islam, penting tapi sering terabaikan. El-Tarbawi. Volume 1. Nomor 1.

Dimyati dan Mudjino. 2009. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Pusat Penerbit UNM.

Indrianie, N.S. 2015. Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Ingrgris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Kota Probolinggo. Junal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Volume 1. Nomor 1. Hal: 126-132.

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Retika Aditama.

Kuriasih, I., dan Berlin, S. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Kurniasih, Imas. 2016. Ragam Pengembanan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Kurnianto, Hadi., Mohammad M dan Sri Y. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning disertau Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKS) terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SNA Begeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. ISSN: 2337-9995.

Lefudin. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Deepublish.

Mariyaningsih, Nining dan Mustina Hidayati. 2018. Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kakata Group.

Naz, A., dan Nasreen, A. 2013. Exploration oof Students’ Misconceptions about the Concept’ Classification of Animal at Secondary Level and Effectiveness of Inquiry Method for Conceptual Change. Journal of Faculty Educational Sciences. Volume 46. Nomor 2.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Nurdin, Syafaruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Parikh. Nikhilkumar D. 2015. Mind Mapping and Concept Map as Complementary Tools for Teaching. Volume 2. Nomor 4.

Putri, L O. L., Rahman, T., dan Priyandoko, D. 2017. Analyzing Concepts Mastery and Misconception About Evolution of Biology Major Students. Journal of Phsic: Conf, Series.

Puspitadei, Rizky., Agung N C S dan Ashadi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI Mia 3 Semesetr Genap SMA Negeri 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia. ISSN 2337-9995.

Putrayasa, Made, dkk. 2014. Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa . Mimbar Pgsd.

Restiyani, Erika dan Evi, C, B. 2016. Analisis kesulitan belajar kimia peserta didik di SMAN X Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Volume 2. Nomor 1. ISSN 2477-2038.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, Ekan Novita., Saiful R dan Nur Rahayu U. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel di SMA. Unnes Science Education Journal. ISSN 2252-6617.

Slemeto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarniti, Ni Nym. 2014. Pengaruh Model Guide Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Gugus VIII Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. Volume 2. Nomor 1.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sholiha, Mar’atus. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 8 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis. ISBN: 978-602-8580-19-9s.

Sutrisno, I Km. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri di Desa Tukad Mungga Kecamatan Buleleng. Volume 2. Nomor 1.

Swadarma, D. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Syahidah, Nuris. 2015. Metode Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional.

Syarifuddin K. 2018. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Tiarawati, I Made, A, dan Dewi, M. 2016. Pengembangan Aplikasi Mind Mapping Materi Fisika SAM Berbasis Android. Jakarta: Universitas Jakarta.

Tumurun, Septiani Wahyu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat – sifat Cahaya. Volume 1. Nomor 1.

Umam, D. S., dan Latifah, N. A. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik SD Kelas 3. Jurnal Psikologi Perspektual. ISSN: 2528-1895.

Winda, Puri Resyita Anggry. 2013. Penerapan Model Investigasi pada Pembelajaran Materi Struktur atom untuk Meminimalisasi Miskonsespsi Siswa Kelas XI SMA. Semarang: UNS

Yates, T. B., dan Marek, E. A. 2014. Teacher Teaching Misconceptions : A Study of Factor Contributing to High School Biology Student ‘ Acquisition of Biological Evolution-Related Misconceptions. Evolution: Education and Outreach. Vol 7. Hal 1-18.

Yupita, I. A., & Waspodo, T.S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Penerapan Model Pembelajaran Discovery. Volume 1. Nomor 2. Hal: 1-10.

Westwood, Petter. (2008). What Teacher Need to Now about Teaching Methods. Australia: Ligare


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats