Pengaruh Media Bongkar Pasang (Puzzle) pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kelas X MIPA MAN 2 Barru (Studi pada Materi Tata Nama Senyawa)

Nurul Anugrah(1), Army Auliah(2*), Eda Lolo Allo(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.43392

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bongkar pasang pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Barru. Variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan media bongkar pasang pada model pembelajaran Discovery Learning, dan tanpa media bongkar pasang, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi tata nama senyawa kimia. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Barru sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian yang ditentukan dengan cara simple random sampling adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 22 orang dan kelas X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumah peserta didik 22 orang . Data utama penelitian yang diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar berupa post-test dan data pendukung dengan lembar observasi aktivitas peserta didik, dianalisis menggunakan statistik data deskriptif dan statistik infrensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari kelas eksperimen yaitu 77 sedangkan kelas kontrol yaitu 72. Hasil statistik infrensial setelah dilakukan uji prasyarat menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Dengan demikian dilakukan uji non-parametik mann-whitney dengan α = 0,05 dan dk = 1,64. Hasil uji mann-whitney diperoleh Zhitung > Ztabel ( 8,77 > 1,64). Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media bongkar pasang pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Barru pada materi tata nama senyawa.

Keywords


Puzzle, Discovery Learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 21-22

Artini, D., Suardana, N & Wiratini, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(1), 20-28.

Astuti, P. (2010). Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Bongkar Pasang Konfigurasi Elektron dan Komputer Ditinjau dari Kreativitas dan Gaya Belajar Siswa. Program Pascasarjana. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Daniati, D. W. (2019). Cara Asyik Belajar Matematika. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.

Falvo, D. (2008). Animations and Stimulations For Teaching and Learning Molecular Chemistry. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 4(1), 68–77.

Futihat, S., Eko, W.W., & Imas, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemulaan. Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2), 21-22.

Kemendikbud. (2012). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jurnal Model Pembelajaran, 1(1),74-85.

Marwah, Sri, M.S., & I Made, T. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Struktur Atom dan Sistem Periodik Terhadap Hasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 6 Palu. Jurnal Akad. Kim. 3(1), 36-41.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, & Gede, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal PGSD, 2(1), 1-2.

Putri, R, H. 2018. Pengembangan Media Triangle Bomb-R Materi Pokok Ukuran Bidang Pandang Pengambilan Gambar PadaMata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas XI Multimedia SKMN 10 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 9(2), 1-4.


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats