Penerapan Pembelajaran Kooperatif Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Kimia Pokok Bahasan Reaksi Redoks di Kelas X IPA 3 SMA Negeri 6 Balikpapan
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.43015
Abstract
Kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukan bahwa sebagian besar penguasaan siswa terhadap pelajaran kimia khususnya pada pokok bahasan Reaksi Redoks masih rendah, hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran kimia. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah dengan penerapan pembelajaran kooperatif Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Reaksi Redoks di kelas X IPA 3 SMA Negeri 6 Balikpapan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 6 Balikpapan tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 23 perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 6 Balikpapan khususnya pada pokok bahasan reaksi redoks. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan, yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi dan, (4) refleksi. Rata-rata hasil penelitian ini adalah pra siklus 56,39 siklus I 65,89, siklus II 73,40, dan siklus III 79, 47. Dengan ketuntasan siklus I 55 %, siklus II 69,44 %, siklus III 86,11 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : penerapan metode pembelajaran Kooperatif Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi redoks dengan ditunjukan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan sampai siklus III sebesar 86,117% yang mana pada pratindakan 33,33% siklus 1 hanya 55,55% dan siklus II sebesar 69,44%.
Keywords
kooperatif talking stick, redoks, ketuntsan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 95 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats