Pengaruh Metode Talking Stick dalam Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 12 Luwu Utara (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Miftahul Rizky(1), Alimin Alimin(2*), Eda Lolo Allo(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.42844

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 12 Luwu Utara tahun ajaran 2021/2022 pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian berupa posttest only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 12 Luwu Utara dengan sampel penelitian kelas XI MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 77,36 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar kelompok kontrol yang hanya sebesar 72,94. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menggunakan uji Mann-Whitney dengan α = 0,05 diperoleh Zhitung > Ztabel (5,48 > 1,64). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode talking stick dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 12 Luwu Utara.

Keywords


Metode Talking Stick, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Assriyanto, K.F., Sukardjo, & Saputro, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kreativitas Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3), 89-97.

Dewi, L.V., Ahied, M., Rosidi, I., Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 299-213.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Espita, Y., Abdurrahman, Viyanti. (2013). Pengaruh Aktivitas Belajar dan Keterampilan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(4), 91-98.

Gabel, D.L. (1993). Use of the Particle Nature of Matter in Developing Conseptual Understanding. Journal of Chemical Education, 70 (3), 193 – 194.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(2), 45–54.

Isnaeni, Muhaemin, & Hasri. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5 (2), 131-142.

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 1–25.

Mariati, S., Erman, H., & Deswati, L. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Menggunakan Handout dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VII SMPN 27 Padang. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 1–10.

Nurmala, D.A., Tripalupi, L.E., Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. PISA: OECD Publishing.

Onen, A. S., & Ulusoy, F. M. (2014). Developing the Contextbased Chemistry Motivation Scale: Validity and Reliability Analysis. Journal of Baltic Science Education, 13(6), 809-820.

Pour, N.A., Herayanti, L. & Sukroyant, B.A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. 2(1). 36-40.

Primawati, Ambiyar & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick. Invotek, 17(1), 73-80.

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 86 - 97.

Sarinemsih, Erviyenni, & Azmi, J. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran College Ball untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pembelajaran Kimia OJS. 4(2), 65-71.

Setyawati, D. (2011). Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Metode Talking Stick dalam Model Learning Cycle Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMAN 5 Surakarta. Jurnal Universitas Sebelas Maret. 1(1). 21-28.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sihran, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science education, 4(2), 2-20.

Subana, M. R., & Sudrajat. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung:

CV Pustaka Setia.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sudjana. (2017). Metode Statistika. Bandung: PT Taristo.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Trisnimala, R., Erman H., & Nuharmi. (2013). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN 17 Sapan Kecamatan Batang Kapas. Jurnal Universitas Bung Hatta, 2(2).

Yuliana, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56.


Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats