PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAN 1 SOPPENG (Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid)

Mutmainnah Mutmainnah(1*), Muharram Muharram(2), Ramdani Ramdani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.42508

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi pada model Discovery Learning menggunakan aplikasi zoom meeting terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Soppeng pada materi pokok sistem koloid. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji validitas dan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Hasil uji validitas diperoleh sembilan soal dengan kriteria cukup dan 11 soal dengan validitas tinggi. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata posttest peserta didik kelompok eksperimen yaitu 84,7 dan nilai rata-rata posttest peserta didik kelompok kontrol yaitu 52,5. Presentase ketuntasan untuk kelompok eksperimen adalah 97,36% dan kelompok kontrol 89,47%. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, diperoleh asymp. Sig. < α (0,000 < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan media video animasi pada model Discovery Learning menggunakan aplikasi zoom meeting terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Soppeng studi pada materi pokok sistem koloid.

Keywords


Video animasi, Discovery Learning, zoom meeting, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, W, Dian dan Muji, Lestari. 2013. Metode Cling Semua Rumus Kimia Gak Pake Mikir. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa.Yogyakarta: Deepublish.

Febriani, Y, dan Donna Boedi Maritasari. 2015. Media Animasi Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas 1 SD’, Jurnal Education, Vol. 10.

Fitriani, A, Muhammad Danial, Michael, P. 2002. KIMIA 2B untuk SMA/MA Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Mustabsyira, Taty Sulastry, dan Sumiati Side. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa (Studi Pada Materi Reaksi Oksidsi Dan Reduksi). Jurnal Chemica Vo/. 21 Nomor 2.

Monica, J, dan Dini Fitriawati. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran daringPada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi 9, no. 2: 1630–40.

Nahadi. 2007. KIMIA untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Perca.

Putria, H., Luthfi Hamdani Maula dan Din Azwar Uswatun. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. vol.4, no.4.

Rahayu, I. 2007. Praktis Belajar Kimia. Jakarta: Visindo.

Riyana, C. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online: Universitas Terbuka.

Ruminten, H, Ari. 2009. Kimia 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjya, W. 2010. Strategi Pembelajaran. Ed. 1. Jakarta Prenadamedia Group.

Shobirin. 2016. Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda karya

Sunami, M.A, dan Aslam. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 5. Nomor 4.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Prenada Media Group.

Tawil, M dan Liliasari. 2018. Teori dan Implementasi Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Utami, B, dkk. 2009. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Wibawanto, T. 2020. Pemanfaatan Video Conference Dalam Pembelajaran Tatap Muka Jarak Jauh Dalam Rangka Belajar Dari Rumah. http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/pemanfaatan-video-conference-dalam-pembelajaran-tatap-muka-jarak-jauh-dalam-rangka-belajar-dari-rumah.

Yusuf, A, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pranamedia Group.

Zulaiha, R. 2017. Analisis Butir Soal Manual. Jakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Balitbang Depdiknas.and Mohammad Wijaya. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Bungoro (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Chemica Vol. 15 No. 2.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kurniawansyah, A.S, dan Siswanto. 2020. Kolaborasi Whatsapp Group, Zoom Cloud Meeting, dan Google Drive sebagai Formula Dalam Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan Online di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Media Infotama Vol.16 No. 2.

Kustandi, C, dan Bambang Sujipto. 2013. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lile, R dan Bran, Camelia. 2013. The Assesment Of Learning Outcomes. Aurel Vlaicu University Of Arad. Vol (163).

Liu, A, dan Ilyas. 2020. Pengaruh Pembelajaran daringBerbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) 6, no. 1: 34.

Mafazah, H. 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Explainer pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats