ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR GURU KIMIA KELAS X SMAN 4 ENREKANG

Nurmia Nurmia(1*), Maryono Maryono(2), Muhammad Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.40404

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen evaluasi hasil belajar siswa berdasarkan validitas, realibilitas, daya pembeda, indeks kesukaran, dan efektifitas pengecoh, serta menentukan presentase soal yang termasuk High order thinking skill di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Enrekang. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Enrekang yang berjumlah 123 peserta didik yang terdiri dari kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 4. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan pedoman wawancara guru. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas instrumen evaluasi hasil belajar guru kimia memiliki validitas isi yang tinggi. Adapun kelayakan tes hasil belajar kimia berdasarkan: (1) rata-rata r product moment validitas item soal 0,43; jumlah kategori item soal validitas tinggi adalah 10%, jumlah kategori item soal validitas cukup 56,67%, jumlah kategori item soal validitas rendah 20%, dan jumlah kategori item soal validitas sangat rendah 13,33%, (2) Reliabilitas item soal memiliki kategori tinggi dengan r11 = 0,78, (3) Rata-rata daya pembeda item soal 0,36; jumlah item soal kategori daya pembeda jelek adalah23,33%; jumlah item soal kategori daya pembeda cukup adalah 33%; jumlah item soal kategori daya pembeda baik adalah 36,67; dan jumlah item soal kategori daya pembeda baik sekali adalah 6,67%, (4) Rata-rata tingkat kesukaran item soal 0,68 ; jumlah item soal dengan kategori sukar adalah 10%,; jumlah item soal kategori sedang adalah 33,33%; dan jumlah item soal kategori mudah adalah 56,67%. Jumlah item soal kategori tingkat kesukaran sangat baik adalah 24,17%,; jumlah item soal kategori tingkat kesukaran baik adalah 16, 67%; jumlah item soal kategori tingkat kesukaran kurang baik adalah 23,33%; jumlah item soal kategori IP jelek adalah 25,83%; dan jumlah item soal kategori tingkat kesukaran sangat jelek adalah 10%, (5) Untuk efektifitas fungsi opsi kunci efektif 46,67%, efektifitas fungsi opsi kunci tidak efektif 53,33%, dan efektifitas fungsi opsi pengecoh efektif 50,83%, efektifitas fungsi opsi tidak efektif 49,17%, (6) Soal-soal yang termasuk kedalam soal-soal High Order Thinking Skill sebesar 23,33%.

Keywords


Analisis, Validitas, Realibilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Efektifitas Pengecoh, High Order Thinking Skill

Full Text:

PDF

References


Anastasia, A dan Urbina, S. 1997. Tes Psikologi Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT.Prenhalindo.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aydin, N., Yilmaz, A. (2010). The effect of constructivist approach in chemistry education on students' higher order cognitive skills. Journal of Education. No. 3 Vol. 39.

Darma, budi. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: GUEPEDIA.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Farida, Ida. 2017. Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: IKAPI.

Hartini, & Sukardjo. (2015). Pengembangan Higher Order Thinking Multiple Choice Test untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. No. 1. Vol. 1.

Kemdikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. 2019. Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Menengah

Mirwati, Sidin Ali, Jikebet Saludung. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran Kimia Pada SMA NEGERI 3 WATANSOPPENG. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 1. No. 1.

Purniasari, Laksmi, Muhammad Masykuri, Dan Sri Retno Dwi Ariani. 2021. Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMAN 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model ITEMAN Dan RASCH. Jurnal Pendidian Kimia. Vol. 10. No. 2.

Rahayu, Tika Dwi, Bambang Hari Purnomo, Sukidin. 2014. Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Pada Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Edukasi UNEJ. Vol. 1. No. 1.

Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sani, R. A. 2019. Cara Membuat Soal HOTS. Tangerang: Tira Smart

Sartika dan Yusmaita. 2020. Pengembangan Assesmen Literasi Kimia Pada Materi Hokum-Hukum Dasar Kimia Dan Stoikiometri Kelas X Sma/Ma. Jurnal Edukimia. Vol. 2. No. 3.

Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sudirman. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriadi, Gito. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Surapranata, Sumarna. 2009. Validasi, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surapranata , Sumarna. 2005. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Intrepretasi Hasil Tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surapranata, sumarna. 2005. Panduan penulisan testertulis implementesi kurikulum 2004. Bandung: remja rosakarya

Utomo, Budi. 2018. Analisis Validitas Isi Butir Soal Sebagai Salah Satu Upaya Pengingkatan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Berbasis Nlai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikian Matematik. Vol. 2. No. 1.

Wulan, Ratna Elis Dan Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan Pedekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 295 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats