ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR GURU KIMIA KELAS X SMAN 4 ENREKANG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i2.40404
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anastasia, A dan Urbina, S. 1997. Tes Psikologi Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT.Prenhalindo.
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aydin, N., Yilmaz, A. (2010). The effect of constructivist approach in chemistry education on students' higher order cognitive skills. Journal of Education. No. 3 Vol. 39.
Darma, budi. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: GUEPEDIA.
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Farida, Ida. 2017. Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: IKAPI.
Hartini, & Sukardjo. (2015). Pengembangan Higher Order Thinking Multiple Choice Test untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. No. 1. Vol. 1.
Kemdikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemendikbud. 2019. Modul Penyusunan Soal HOTS. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Menengah
Mirwati, Sidin Ali, Jikebet Saludung. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran Kimia Pada SMA NEGERI 3 WATANSOPPENG. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 1. No. 1.
Purniasari, Laksmi, Muhammad Masykuri, Dan Sri Retno Dwi Ariani. 2021. Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMAN 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model ITEMAN Dan RASCH. Jurnal Pendidian Kimia. Vol. 10. No. 2.
Rahayu, Tika Dwi, Bambang Hari Purnomo, Sukidin. 2014. Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Pada Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Edukasi UNEJ. Vol. 1. No. 1.
Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sani, R. A. 2019. Cara Membuat Soal HOTS. Tangerang: Tira Smart
Sartika dan Yusmaita. 2020. Pengembangan Assesmen Literasi Kimia Pada Materi Hokum-Hukum Dasar Kimia Dan Stoikiometri Kelas X Sma/Ma. Jurnal Edukimia. Vol. 2. No. 3.
Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Sudirman. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supriadi, Gito. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Surapranata, Sumarna. 2009. Validasi, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surapranata , Sumarna. 2005. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Intrepretasi Hasil Tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surapranata, sumarna. 2005. Panduan penulisan testertulis implementesi kurikulum 2004. Bandung: remja rosakarya
Utomo, Budi. 2018. Analisis Validitas Isi Butir Soal Sebagai Salah Satu Upaya Pengingkatan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Berbasis Nlai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikian Matematik. Vol. 2. No. 1.
Wulan, Ratna Elis Dan Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan Pedekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Article Metrics
Abstract view : 295 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats