Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA V SMAN 2 Takalar (Studi Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia)

Annisa Tiara Ayu(1), Muh. Yunus(2*), Army Auliah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.39576

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan fase model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIA V SMAN 2 Takalar pada materi pokok hukum dasar kimia. PTK terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar di akhir siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat pada Persentase peningkatan hasil belajar peserta didik terlihat dari nilai rata-rata peserta didik yaitu pada siklus I 67,22 meningkat menjadi 82,40 sedangkan persentase ketuntasan kelas meningkat dari siklus I yaitu 41,67% menjadi 80,56% pada siklus II. berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIA V SMAN 2 Takalar pada materi pokok hukum dasar kimia.

Full Text:

PDF

References


Anwar Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Gramedia

Ariends, R. 2008. Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aqib Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Konsekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Chotimah, Husnul dan Yuyun Dwitasari. 2009. Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindaka Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang

Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta.

Harianto. 2010. Pengertian Prestasi Belajar. http://scr3-kliksaya.html. Diakses pada tanggal 15 Maret 2022

Hasanah, Zurianti. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan

Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemasiswaan, Vol 1 No. 1

Huda Miftahul. 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kusumaningrum, Wiwik Indah. 2020. Modul Pembelajaran Kimia. Jakarta: Pusat Pembukuan Dapertemen Pendidikan Nasional

Latifah, Syintia Siti dan Irena Puji Luritawaty. 2020. Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 9 No. 1

Lie, A. 2006. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia

Pasani, Chairil Faif dan Mitra Pramita. 2014. Meningkatkan Karakter Mandiri Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Di Kelas Viii-C Smpn 13 Banjarmasin. Jurnal PM IAIN Antasari, Vol 1 No. 2.

Putra Aangga. 2019. Penerapan Model Pmeblejaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Sekolah Dasar. Surabaya: Jakad Media Publishing

Rosita, Ita. 2013. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif, Vol 3 No. 1.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Samani, M. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, Robert E. 2008. Cooveratif Learning. Bandung Nusa Media.

Sudarsana, I Ketut. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol 4 No. 1

Sudjana. 2008. Peneltian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sulastri dan Ratu Fazlia. 2017. Kimia Dasar 1. Aceh: Syiah Kuala University Press

Sumantri, S. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik ditingkat Pendidikan Dasar. Jakrta : Rajawali Press

Suprijono Agus. 2009. Coperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tirtarahardja, U dan Sulo, La S.L. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi

Usman, M. U., dan Setiawati, L. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats