Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA V SMAN 2 Takalar (Studi Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v4i1.39576
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anwar Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Gramedia
Ariends, R. 2008. Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aqib Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Konsekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Chotimah, Husnul dan Yuyun Dwitasari. 2009. Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindaka Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang
Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta, Jakarta.
Harianto. 2010. Pengertian Prestasi Belajar. http://scr3-kliksaya.html. Diakses pada tanggal 15 Maret 2022
Hasanah, Zurianti. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan
Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemasiswaan, Vol 1 No. 1
Huda Miftahul. 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Kusumaningrum, Wiwik Indah. 2020. Modul Pembelajaran Kimia. Jakarta: Pusat Pembukuan Dapertemen Pendidikan Nasional
Latifah, Syintia Siti dan Irena Puji Luritawaty. 2020. Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 9 No. 1
Lie, A. 2006. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia
Pasani, Chairil Faif dan Mitra Pramita. 2014. Meningkatkan Karakter Mandiri Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Di Kelas Viii-C Smpn 13 Banjarmasin. Jurnal PM IAIN Antasari, Vol 1 No. 2.
Putra Aangga. 2019. Penerapan Model Pmeblejaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Sekolah Dasar. Surabaya: Jakad Media Publishing
Rosita, Ita. 2013. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif, Vol 3 No. 1.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Samani, M. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, Robert E. 2008. Cooveratif Learning. Bandung Nusa Media.
Sudarsana, I Ketut. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol 4 No. 1
Sudjana. 2008. Peneltian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sulastri dan Ratu Fazlia. 2017. Kimia Dasar 1. Aceh: Syiah Kuala University Press
Sumantri, S. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik ditingkat Pendidikan Dasar. Jakrta : Rajawali Press
Suprijono Agus. 2009. Coperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tirtarahardja, U dan Sulo, La S.L. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi
Usman, M. U., dan Setiawati, L. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Article Metrics
Abstract view : 140 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats