Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) dengan Think Pair Share (TPS) Pada Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur

Mochtamar Ammar Rumakur(1*), Jaya Tuahuns(2), Renny Souhoka(3),

(1) Universitas Darussalam Ambon
(2) Universitas Darussalam Ambon
(3) Universitas Darussalam Ambon
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.39339

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sekaligus untuk membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dengan Think Pair Share (TPS) pada konsep reaksi reduksi oksidasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Gorom.
Tipe yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu tipe penelitian deskriptif dan tipe penelitian komparatif dengan desain penelitian The Static Comparison Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.1 yang dijadikan sebagai kelas IOC dan kelas X.3 dijadikan sebagai kelas TPS. Pemilihan sampel dapat diambil melalui teknik random sampling. Variabel penelitiannya terdiri dari Variable independen (bebas) dan Variable dependen (terikat). Variabel independen adalah model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dan Think Pair Share (TPS) dan variabel dependen nya adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, LKS dan tes akhir. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data observasi dan data tes formatif yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan Nilai Akhir (NA) siswa. Rata-rata Nilai Akhir (NA) siswa kelas X.1 (IOC) sebesar 81,31 dan kelas X.3 (TPS) sebesar 75,26. Selanjutnya data Nilai Akhir (NA) dapat dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dengan syarat tolak H0 apabila thitung>ttabel. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 2,863 sedangkan ttabel = 1,6801. Oleh karena itu, hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) lebih baik dibandingkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada konsep reaksi reduksi oksidasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur.

ABSTRACT
This study aims to determine student learning outcomes as well as to compare the cooperative learning model type inside outside circle (IOC) with think pair share (TPS) on the concept of oxidation-reduction reaction to the results of class X student of SMA Negeri 1 Gorom Island. The type used in this study consisted of two that is descriptive type and the type of comparative research with study design The Static Comparison Design. The sample used in this study consisted of two classes, namely class X.1 which serve as IOC class and class X.3 serve as class TPS. Selection of the sample can be taken through random sampling techniques. Research variables consist of
independent variable (free) and the dependent variable (dependent). The independent variable is the type of cooperative learning model inside outside circle (IOC) with think pair share (TPS) and its dependent variable is the student learning outcomes. The research instrument used is observation, worksheets and final tests. The data used in this study consisted of observational data and test data are analyzed descriptively formative quantitatively to get a Final Value (NA) students. Average Value End (NA) class students X.1 (IOC) of 81.31 and class X.3 (TPS) of 75.26. Furthermore, the data Final Value (NA) can be analyzed using t-test at significance level of 5% on condition reject H0 if thitung> ttabel. From the calculation of the t-test obtained t = 2.863, while table = 1.6801. Therefore, H0 rejected and Ha accepted. Thus it can be said that the implementation of cooperative learning model type inside outside circle (IOC) is better than the implementation of cooperative learning model think pair share (TPS) on the concept of the reduction reaction of oxidation of the learning outcomes of students of class X SMA Negeri 1 Pulau Gorom East Seram District.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe IOC, TPS, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. ManajemenPenelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. ManajemenPenelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fataruba, Hayatuddin. 2010. Pengkondisian Belajar (Cinditioning Learning) Dalam Rangkah Memperkuat Motivasi Anak Pada Proses Pembelajaran. Artikel, Sula Paedagog Community.

Hamalik, O. 1995. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lie Anita, 2008, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: Grasindo.

Rudiyanto dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN Kota Malang Tahun Pelajaran 2012-2013 Pada Materi Reaksi Redoks. http://jurnalpendidikanmipa.blogspot.co.id/2015/04/model-pembelajaran-think-pair-share-tps.html. diakses pada tanggal 28 Januari 2016.

Subana, 2005. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan B.Bandung :Alfabeta.

Suryabarta Sunardi, 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Tiara Irma dkk. 2014.Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Tanjung Raja.file:///C:/Users/client6/Downloads/3747-3737-1-PB.pdf. Diakses pada tanggal 25 Juni 2016

Yuhastami, 2015. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Terhadap PembelajaranMenggunakan Teknik Inside Outside Circle Pada Materi Koloid. Jurnal Pendidikan. Forum FKIP Untan diakses pada tanggal 25 November 2015.

Zulfani dkk, 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta : Lembaga Penelitian UIN Jakarta.

Yakub, Hadir & Sunyono. 2005. Peningkatan Kulaitas Pembelajaran Mata Kuliah Ikatan Kimia Melalui Metode Belajar Mahasiswa Aktif dan Konsistem Pelaksanaan Evaluasi. Penelitian FKIP Universitas Lampung.

Yusrin, Ekananda. 2012. Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Alkana, Alkena Dan Alkuna Di Kelas X SMAN 1 Kuantan Mudik. Jurnal Skripsi FKIP Universitas Riau.


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats