Pengaruh Permainan Word Search Puzzle dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Baraka (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon)

Nurfajrianti Akhmad(1), Taty Sulastry(2*), Muh. Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.39338

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan word search puzzle dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka yang terdiri dari sebelas kelas. Sampel diperoleh secara acak dan terpilih kelas X.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 28 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah permainan word search puzzle dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Data diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa pada akhir pembelajaran. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data terdistribusi normal sesuai dengan yang diperoleh 〖x^2〗_hitung<〖x^2〗_tabel=3,67<7,81 dan kedua data memiliki varians yang homogen sesuai dengan yang diperoleh F(hitung) < F(tabel)=1,21<1,90. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel =2,04>1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan word search puzzle dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka pada materi pokok hidrokarbon

ABSTRACT
The research was a quasi-experimental that aimed to know the effect of Word Search Puzzle game in cooperative learning TGT to student’s achievement of class X of senior high school 1 Baraka school year 2015/2016 in the subject matter of hydrocarbon. The population was class X of senior high school 1 Baraka which consists of eleven classes. Samples were obtained randomly and was elected class X.9 as an experimental class and class X.8 as class control the number of students each of 28 people. Independent variable in this study is a game of word search puzzle and the dependent variable is student achievement. Data was obtained by the posttest to students on end study. The results of inferential statistical analysis that the data were normally distributed with 〖x^2〗_count<〖x^2〗_table=3.67<7.81 and both of data have homogeneous variants with Fcount < Ftable=1.21<1.90. Hypothesis testing is done by using a t-test and obtained tcount>ttable = 1.84> 1.67 so it can be concluded that the game of word search puzzle in cooperative learning model TGT positive effect students achievement of class X of senior high school 1 Baraka in the subject matter of hydrocarbon.

Keywords


word search puzzle, TGT, Hasil belajar, hidrokarbon

Full Text:

PDF

References


Arief, Sadiman. 2002. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV. Yrama Widya.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mulyasa, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slavin, Robert. E. 2008. Cooperatif Learning. Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Vossoughi, Hossein dan Marzieh Zarga. 2009. Using Word Search Puzzle Games for Improving Vocabulary Knowledge of Iranian FL Lerners. Journal of Teaching English as a Foreign Language and Literature. Vol. 1 No. 1 Pag 79-85. North Tehran Branch Islamic Azad University.


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats