Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia

Imtihanal Wafiqah Irwan(1*), Muharram Muharram(2), Muhammad Jasri Djangi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.39336

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA kelas XI berdasarkan KTSP yang dapat dipakai sebagai alternatif media bagi guru dalam pembelajaran kimia sekaligus dapat dipakai siswa sebagai sumber belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Pinrang sebanyak 33 orang. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki langkah-langkah sebagai berikut analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Media pembelajaran ini telah divalidasi oleh validator dan telah melalui uji coba terbatas. Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, efektif dan efisien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata tes hasil belajar siswa yaitu 80 dengan persen ketuntasan kelas sebesar 87,88%; (2) umumnya siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan dengan persentase yang menyatakan sangat baik dan baik berturut-turut sebesar 93,94% dan 6,06%, begitupun dengan respon guru yang secara keseluruhan memberikan respon yang sangat positif dengan persentase 100% yang menyatakan sangat baik. Sehingga, media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran kimia.

ABSTRACT
This development research is aimed to develop an interactive learning media based on guided inquiry for Senior High School grade XI refers to KTSP that can be used as an alternative media for teacher in chemistry instruction and it also can be used by students as learning source. The subject is students of class XI Exact 1 SMA Negeri 4 Pinrang with 33 students. The development of this learning media refers to ADDIE model that consist of several phases: analysis, design, development, implementation and evaluation. This learning media has been validated by validator and through limited trial. The learning media developed is categorized as valid, effective and practical. This research showed that: (1) average value of students learning achievement is 80 with class completeness is 87,88%; (2) commonly students gave positive responses toward learning media developed with percentage that expressed very good and good are in the amount of 93,94% and 6,06%, in a series, as are teache rs responses which gave very positive responses totality with percentage 100% expressed very good. So, the learning media can be used in chemistry instruction.

Keywords


Penelitian Pengembangan, ADDIE, Media Pembelajaran Interaktif, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Budiningsih, A. C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rieka Cipta.

Parmawati, L. E. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA (Fisika) Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Amlapura Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Setyawardhani, V.M.M.N, Santoso, Marfu’ah, S. 2012. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Materi Benzena dan Turunannya dengan Model Learning Cycle 5-E. Jurnal Online Universitas Negeri Malang. Vol.1. No.1. Hlm. 1-7.

Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: GP Press

Wicaksono, D.S dan Fitro, N.H. 2011. Media Pembelajaran Fisika Interaktiv Bahasan Kapasitor Berbasis Flash dan XML. Journal speed-sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Vol. 3. No. 2. Hal 47-54


Article Metrics

Abstract view : 92 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats