Pengaruh Metode Question Student Have Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Mia Man 2 Makassar (Studi Pada Materi Larutan Penyangga)

Fiqrah Apriani H.(1), Sugiarti Sugiarti(2*), Army Auliah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.38845

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Question Student Have pada pembelajaran model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 2 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Question Student Have pada model pembelajaran inkuiri terbimbing. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA MAN 2 Makassar yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik pada kelas eksperimen sebanyak 41 dan kelas kontrol sebanyak 36 orang yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok larutan penyangga yang dianalisis menggunakan uji t. Pengujian hipotesis menghasilkan thitung = 1,349 > ttabel= 1,667 pada taraf signifikan α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh metode Question Student Have pada pembelajaran model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 2 Makassar pada materi pokok larutan penyangga.

ABSTRACT
This is a quasi-experimental research that aimed to determine The Influence of Question Student Have Method in Guided Inquiry Learning Model to ward Student Learning Outcomes in Class XI MIA Man 2 Makassar. The independent variable in this study is the question student have method in the guided inquiry learning model. The dependent variable is student learning outcomes in buffer solution subject matter. The population of this research is all class XI MIA MAN 2 Makassar which is spread in 6 classes. The research sample consisted of 2 classes, namely class XI MIA 1 as the experimental class and XI MIA 2 as the control class with the number of students in the experimental class as many as 41 and the control class as many as 36 student determined by sample random sampling. The research data obtained by providing a learning outcomes test on the subject matter of buffer solution which was analyzed using the t test. The hypothesis test produces tcount = 1,349 > ttable = 1,667 at a significant level, α = 0.05. This shows that there is not an influence of the Question Student Have Method in guided iquiry learning model to student learning outcomes in Class XI MIA Man 2 Makassar on buffer solution subject matter.

Keywords


metode question student have, inkuiri terbimbing, hasil belajar, larutan penyangga.

Full Text:

PDF

References


Andayani. 2015. Problem dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama

Acesta, Arrofa. 2019. Kecerdasan kinestetik dan interpersonal serta pengembangannya. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cencikia

Santra, W.dkk. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Question Student Have (QSH) terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1Sukasada Tahun Ajaran 2012/2013. Kumpulan Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Teknik Informasi (KARMAPAR) Vol 2 No 5

Sarta, Nyoman. 2015. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing dengan Question Student Have Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Ejournal Unipas.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Vianata, H.DKK. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa. Indonesiam Journal of History Education Vol 1 No 1.

Zainab. 2009. Dalam Nurhayati, Sri. 2009. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Question StudentHave Dengan Bantuan Chemo-Edutainment Media KeyRelation Chart Terhadap Hasil Belajar Siswa.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Journal unnes Vol 3 No 1.


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats